Surah yang Dianjurkan Dibaca di Hari Jumat

Surah yang Dianjurkan Dibaca di Hari Jumat

Gaya Hidup | inews | Rabu, 20 Maret 2024 - 17:34
share

JAKARTA, iNews.id - Inilah surah yang dianjurkan dibaca di hari Jumat. Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam.

Selain dianjurkan untuk melaksanakan salat Jumat, umat Islam juga dianjurkan untuk membaca beberapa surah Al-Qur'an tertentu di hari ini. Membaca surah-surah ini diyakini memiliki berbagai keutamaan dan pahala yang berlimpah.

Dilansir iNews.id dari berbagai sumber, berikut ini pembahasan mengenai surah yang dianjurkan dibaca di hari Jumat.

Surah yang Dianjurkan Dibaca di Hari Jumat

1. Surat Al-Kahfi

Al-Imam Zainuddin Al-Malibari rahimahullah berkata,

Membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat dan malam Jumat adalah disunnahkan karena berbagai hadits mendukung hal ini. Membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat lebih afdal, lebih-lebih lagi pada Subuh hari Jumat. Karena membacanya pada waktu Shubuh berarti bersegera dalam kebaikan. Hendaklah membaca surah Al-Kahfi dan surah lainnya dari Al-Quran pada malam dan hari Jumat.

Membaca surah Al-Kahfi dan surah lainnya secara jaher (keras) itu makruh bila sampai mengganggu orang yang shalat dan orang yang tidur. Hal ini ditegaskan oleh Imam Nawawi dalam berbagai kitabnya. (Fathul Muiin bi Syarh Qurroh Al-Aini bi Muhimmaati Ad-Diin, hlm. 232)


Dari Abu Said Al-Khudri radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Barang siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat. (HR. An-Nasai dan Al-Baihaqi. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sahih sebagaimana dalam Shahih At-Targhib, no. 736)


2. Surat As-Sajdah dan Al-Insan

Dua surat ini biasa dibaca oleh Rasulullah SAW pada hari Jumat, terutama dalam pelaksanaan salat subuh. Membaca keduanya akan mendatangkan pahala dan berkah.

Bacaan Surah Ketika Shalat Shubuh pada Hari Jumat

: : {{ *}{}} [: 1 2] {{ }} [: 1] . .

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam shalat fajar pada hari Jumat, beliau membaca surah Alif Laam Miim Tanzil (surah As-Sajdah) dan surah Hal Ataa alal Insani (surah Al-Insan). (Muttafaqun alaih) [HR.Bukhari, no. 891 dan Muslim, no. 880]


: .

Menurut Imam Ath-Thabrani dari hadits Ibnu Masud, Beliau selalu membaca surah tersebut. [HR. Ath-Thabrani dalam Ash-Shaghir, 2:80. Hadits ini ghairu mahfuzh, artinya menyelisihi riwayat lebih kuat].


3. Surat Al-Jumuah dan Al-Munafiqun


Tidak ada anjuran khusus untuk membaca surat Al-Jumu'ah di hari Jumat, kecuali bagi imam shalat Jumat, dianjurkan membaca surat Al-Jumu'ah dipasangkan dengan surat Al-Munafiqun di rakaat kedua.

Ibnu Abbas Radhiyallahu anhuma menceritakan,

Bahwa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam ketika mengimami shalat jumat, beliau membaca surat al-Jumuah dan surat al-Munafiqun. (HR. Muslim 2068)

4. Surah Al-Ghasiyah Dan Al-Ala Ketika Shalat Jumat

Dalam Majmu Fatawa Syaikh bin Baz 30/265, Membaca dua surat ini dalam shalat Jumat hukumnya sunnah, karena Nabi shallallahu alaihi wa sallam biasa membacanya. Jika imam membaca selain keduanya pada lain kesempatan tidak mengapa.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam terkadang membaca pada shalat Jumat surat Al-Jumuah dan surat Al-Munafiqun, terkadang membaca surat Al-Jumuah dan Al-Ghasiyah. Semuanya adalah sunnah bukan wajib.

Demikianlah penjelasan mengenai surah yang dianjurkan dibaca di hari Jumat. Semoga kita senantiasa dapat mengamalkannya.

Topik Menarik