Jelajahi Jejak Literasi, 3 Toko Buku Bekas di Bandung Ini Jangan Sampai Terlewat!

Jelajahi Jejak Literasi, 3 Toko Buku Bekas di Bandung Ini Jangan Sampai Terlewat!

Gaya Hidup | bandungraya.inews.id | Kamis, 29 Februari 2024 - 09:33
share

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Membeli buku tidak harus buku baru. Buku bekas pun jadi. Membeli buku murah tidak hanya memungkinkan menegosiasikan harga yang bagus, tetapi tentu saja juga menghemat uang.

Pada era digital yang serba cepat, pengalaman menyentuh halaman kertas dan memeluk aroma buku bekas menjadi kegiatan yang semakin langka. Selain toko buku modern, toko buku bekas juga menjadi tujuan para pecinta buku. Sebab, buku-buku bekas cocok dijadikan bahan bacaan dan menawarkan perjalanan yang mendalam ke dalam dunia literasi yang autentik dan memikat.

Melangkah ke dalam jejak literasi kota ini, para pencinta buku dapat menemukan harta karun literer di setiap sudut toko ini. Inilah tiga destinasi literasi yang tak boleh terlewatkan bagi siapa pun yang merindukan aroma halaman kertas dan kehangatan cerita yang tertulis.

1. Pasar Buku Palasari

Ada satu hal yang tidak berubah di Pasar Buku Palasari, Bandung. Ini adalah sambutan hangat toko buku ketika konsumen memasuki pasar. Seperti halnya di pasar, pemilik kios pun tanggap terhadap kebutuhan pembeli. Jika tidak ada, mereka dapat membantu Anda menemukannya di toko buku lain. Pasar Buku Palasari berdiri pada tahun 1980an. Awalnya, para pedagang berjualan di kawasan Cikapundung, dekat Alun-alun Bandung.

Tetapi, pemerintah memindahkan para pedagang ke lantai dua gedung pasar di Jalan Palasari. Hingga kebakaran terjadi di pasar pada awal tahun 1990-an. Dan para pedagang telah pindah ke lokasi sementara yang sebelumnya digunakan sebagai tempat parkir. Namun lahan sementara tersebut kini menjadi lahan permanen.

Buku-buku yang dijual di Palasari sangat beragam. Mulai dari buku pengetahuan umum, agama, sastra, novel, hingga komik bisa kalian temukan di sini. Selain buku, Pasar Parasari juga menyediakan jasa percetakan dan jasa sampul buku.

Banyak pilihan buku yang dijual, mulai dari terbitan baru hingga buku bekas yang langka namun banyak dibaca, bahkan buku yang sudah tidak lagi dicetak. Harga buku di sini sangat terjangkau karena sebagian besar penjual membeli langsung dari penerbit, dan kalian juga dapat menegosiasikan harga dengan pengecer.

Jam Buka: 09.00 17.00

Lokasi: Jl. Palasari, Jl. Turangga No. 45, Rt/Rw 10/07, Kec. Lengkong, Bandung.

2. Pasar Buku Cikapundung

Pasar Buku Cikapundung ini menjadi pasar buku tertua di Bandung yang sudah ada sejak tahun 1960-an. Pada tahun 1990-an, toko buku di Jalan Cikapundung Barat menjadi tempat berkumpulnya buku-buku langka dan penting. Saat memasuki kawasan ini, kalian akan menemukan toko buku dan majalah bekas berjejer di trotoar Jalan Cikapundu Barat. Stand semi permanen didirikan di trotoar, dan buku serta majalah yang mereka jual tertata rapi. Banyak buku langka yang dijual di sini, antara lain buku sejarah, filsafat, teknik kimia, fisika, ekonomi, dan kesehatan.

Ada juga banyak novel asing yang ditulis dalam bahasa Inggris. Buku-buku ini terutama diterbitkan pada tahun 1920-an. Selain buku, di sana juga menjual majalah-majalah lama dalam dan luar negeri. Majalah ini mencakup berbagai topik, termasuk arsitektur, desain grafis, dan desain interior. Di sini berbagai buku antik dan langka banyak diburu para kolektor. Harga setiap buku yang ditawarkan pun sangat terjangkau dan bervariasi.

Jam Buka: 10.00 17.00

Lokasi: Jl. Cikapundung Barat, No. 8-68, Braga, Kec. Sumur Bandung, Bandung.

3. Pasar Buku Dewi Sartika

Pasar Buku Jalan Dewi Sartika terletak di jantung kota Bandung, sebelah selatan Alun Alun Bandung. Mereka menempati beberapa trotoar dan emper toko pakaian. Harga buku bekas dan baru bisa dinegosiasikan di sini. Di Pasar Buku Dewi Sartika, pengunjung disambut hangat dengan deretan toko buku. Selain dijual di kios, beberapa pengecer juga menggunakan gerobak untuk menjual buku. Koleksi buku di Pasar Buku Dewi Sartika sama banyaknya dengan di Pasar Buku Parasari. Kalian dapat dengan mudah menemukan semua buku yang Anda butuhkan di sana.

Jam Buka: 08.00 16.00

Lokasi: Jl. Dewi Sartika, Bandung.

Demikianlah, tiga lokasi bagi kalian yang sedang mencari buku atau para pencinta buku untuk mendapatkan pengalaman literasi yang tak terlupakan dan terlalu sayang untuk dilewatkan. (*)

Topik Menarik