Doa Surat Al Waqiah, Baca Ini agar Cepat Kaya

Doa Surat Al Waqiah, Baca Ini agar Cepat Kaya

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 9 Juni 2023 - 20:51
share

JAKARTA, iNews.id - Doa surat Al Waqiah patut diketahui setiap Muslim untuk kemudian diamalkan. Doa setelah membaca Al Waqiah memiliki keutamaan yang jarang diketahui umat Muslim.

Surat Al Waqiah dianjurkan untuk diamalkan karena akan memudahkan rezeki bagi setiap yang mengamalkan. Hal itu sebagaimana termaktub dalam sebuah hadits berikut:

Artinya: Barang siapa membaca Surat Al Waqiah setiap malam, maka dia tidak akan jatuh miskin selamanya. (HR. Abu Yala dan Ibnu Asakir).

Adapun riwayat lain, mengutip riwayat dari Anas bin Malik tentang keutamaan surat Al Waqiah, yakni:

Artinya: Ajarkanlah surat Al-Waqiah pada perempuan-perempuan kalian. Sesungguhnya surat Al-Waqiah adalah surat yang membuat kaya.

Mengutip laman Tausiyah di Sindonews, Muhammad Zaairul Haq dalam bukunya Rahasia Keutamaan Surat Al-Qur\'an menerangkan fadhilah Surat Al-Waqiah berikut cara mengamalkannya di waktu Subuh.

Beliau menukil keterangan dari Kitab al-Jawahir al-Lama\'ah bahwa salah satu keutamaan membaca Surat Al-Waqiah yaitu sebagai wasilah (perantara) memohon kepada Allah agar mendapatkan kekayaan. Waktu yang tepat mengamalkan surat Al Waqiah yang pertama adalah setelah sholat tahajud di sepertiga malam terakhir.

Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah

Seseorang yang membaca surat Al Waqiah telah dijanjikan oleh Allah akan mendapatkankan banyak keutamaan. Terlebih, jika disempurnakan doa setelahnya:

Arab:

Latin: Allahumma inni as aluka bihaqqi suuratil waaqiah wa asroorihaa an tuyassiroli rizqi kamaa yassartahu likatsiirin min kholqika yaa Allah yaa robbal aalamiin.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu dengan kebenaran surat Waqiah dan rahasia-rahasianya, agar Engkau berkenan memudahkan rezeki ku sebagaimana Engkau memudahkannya untuk kebanyakan makhluk Mu, ya Allah, ya robbal alamin.

Keutamaan Surat Al Waqiah

Sebagaimana disinggung sebelumnya, salah satu keutamaan Al Waqiah adalah dapat mendatangkan rezeki atau kekayaan melimpah bagi yang mengamalkan. Terutama jika surat ini diamalkan setiap kali menunaikan sholat Ashar, maka seseorang akan mendapatkan balasan berupa kekayaan yang didapat dan tidak akan habisnya.

Ajarkanlah surat Al-Waqiah kepada isteri-isterimu. Karena sebenarnya ia adalah surah Kekayaan. (Hadis riwayat Ibnu Ady)

Surat ini bisa menjadi sarana pengingat kematian. Untuk tetap menjaga iman dan terlindung dari kekafiran sebelum datangnya ajal, hendaknya senantiasa membaca surat Al Waqiah.

Membaca surat ini dengan hati yang ikhlas membuat seorang mukmin dapat mengingat kematian dan memperbaiki diri sebelum kematian itu tiba. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ubay bin Kaab. Rasulullah pernah bersabda:

Barang siapa yang membaca surat al Waqiah, maka ia akan dicatat tidak tergolong pada orang yang lalai. Wallahualam bissawab

Topik Menarik