Ilmuwan Temukan Wajah Asli Firaun Tutankhamun, Paling Ditakuti karena Kutukan

Ilmuwan Temukan Wajah Asli Firaun Tutankhamun, Paling Ditakuti karena Kutukan

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 05:30
share

JAKARTA, celebrities.id - Pernahkah mendengar sosok Raja Tutankhamun alias Firaun? Dulu dikenal sangat kejam karena kutukannya. Baru-baru ini, wajah aslinya ditemukan.

Ilmuwan dari Brasil, Australia, dan Italia akhirnya mengungkap wajah asli sang raja.
Tim akademisi internasional ini menggunakan model digital dari tengkorak muminya yang sudah berumur 3.300 tahun. Rekonstruksi mengungkapkan wajah muda dan halus seorang raja yang masih remaja saat itu.

"Bagi saya dia terlihat seperti pria muda dengan wajah lembut. Melihatnya, kita lebih melihat seorang siswa muda daripada seorang politikus yang penuh tanggung jawab, yang membuat tokoh sejarah ini semakin menarik," kata Pakar grafis Brasil Cicero Moraes, yang ikut menulis studi seperti dilansir dari New York Post, dikutip Kamis(8/6/2023).

Penemuannya ditemukan bersama dengan lusinan harta karun yang luar biasa oleh arkeolog Inggris Howard Carter pada November 1922 di Lembah Para Raja Mesir.
Karena tim internasional tidak memiliki akses langsung ke tengkorak firaun, menyelesaikan model baru itu sangat menantang. Seperti dilansir dari The New York Time, Jumat (2/6/2023), untungnya, penelitian sebelumnya telah mencatat pengukuran tengkorak, dan menerbitkan gambar referensi.

"Jejak informasi digabungkan untuk memberi kami model tengkorak tiga dimensi," katanya.

Dari sana, kata Moraes, mereka menciptakan kembali ukuran bibir, posisi bola mata, tinggi telinga, dan ukuran depan hidung. Semua proyeksi ini didasarkan pada studi statistik yang dilakukan pada CT scan individu hidup dari beberapa keturunan yang berbeda.
Penanda kemudian diterapkan pada tengkorak yang menunjukkan ketebalan jaringan lunak di berbagai tempat, dengan menggunakan data dari orang Mesir modern sebagai panduan.

Dengan teknik ini dan lainnya, wajah secara bertahap dibangun kembali menjadi rekonstruksi yang objektif. Elemen subyektif seperti warna mata kemudian ditambahkan untuk lebih memanusiakan subjek. Ini bukan pertama kalinya para ilmuwan mencoba membangun kembali rupa firaun muda, upaya lain pernah dilakukan pada tahun 2005.

Michael Habicht, seorang Egyptologist dan arkeolog di Flinders University di Australia, yang ikut menulis studi baru tersebut, mencatat kemiripan yang mengejutkan antara kedua rekonstruksi tersebut. Sejak dulu Firaun Tutankhamun dikenal sebagai salah satu firaun paling terkenal dengan misteri dan paling dikenal dengan kutukan.

Artikel ini sebelumnya sudah tayang di www.sindonews.com
https://sains.sindonews.com/newsread/1116009/768/wajah-asli-firaun-tutankhamun-terungkap-begini-bentuk-mukanya-1685718407/20

Original Source
Topik Menarik