Tips Diet Khusus untuk Remaja, Ini Menu yang Sehat dengan Gizi Seimbang

Tips Diet Khusus untuk Remaja, Ini Menu yang Sehat dengan Gizi Seimbang

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 23:55
share

JAKARTA, celebrities.id - Remaja memiliki beban yang tinggi dalam menerima pelajaran di sekolah dan aktivitas sehari-hari. Remaja membutuhkan asupan gizi yang cukup. Jangan sampai pola makan atau diet yang dilakukan membuat mereka kurang gizi hingga anemia.

Di sisi lain, konten di media sosial mendorong remaja ingin langsing. Mereka ingin sempurna di depan para netizen. Salah satunya menyebabkan beberapa remaja melakukan segala cara agar bentuk tubuhnya tetap terlihat sempurna.

Namun, tanpa pengetahuan yang benar tentang diet menjadikan remaja bisa mengalami malagizi. Tak jarang, para remaja melakukan diet yang terlalu ekstrim seperti tidak memakan karbohidrat atau bahkan hanya memakan buah dan sayur serta menggunakan obat-obat pelangsing. Akibatnya kasus penyimpangan perilaku makan (eating disorder) pada remaja semakin banyak terjadi.

Para ahli di Sekolah Vokasi IPB University dari Program Studi (Prodi) Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi (MIJMG) memberikan tips. Guru Besar Ilmu Gizi Masyarakat IPB University Prof Hadi Riyadi, menyorot masalah gizi pada remaja serta dampaknya terhadap gangguan perkembangan otak, peningkatan risiko penyakit tidak menular (PTM), potensi akademik rendah, produktivitas rendah dan outcome kehamilan yang rendah.

Kebutuhan gizi seimbang untuk remaja sangat penting, terutama dalam masa pertumbuhannya. Zat gizi yang dibutuhkan tidak hanya zat gizi makro, tetapi juga zat gizi mikro yang sesuai dengan kebutuhan remaja tersebut, ucapnya dalam keterangan kepada celebrities.id, Rabu (7/6/2023).

Diet sehat bagi remaja harus kaya dengan asupan energi, protein nabati, zat besi, kalsium, cairan dan susu yang tepat sesuai kebutuhan. Aktivitas fisik, pembiasaan sarapan atau makan pagi juga diperlukan sebagai pendamping pola makan yang sehat.

Topik Menarik