Kreatif dan Produktif, Yuk Coba Buat Kotak Pensil Lucu dari Kain Flanel!

Kreatif dan Produktif, Yuk Coba Buat Kotak Pensil Lucu dari Kain Flanel!

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 08:08
share

JAKARTA, iNews.id - Kreativitas rupanya bisa membawa seseorang produktif dalam menciptakan sesuatu yang bermanfaat. Misalnya, menciptakan suatu barang dari bahan-bahan yang sudah tak terpakai, seperti membuat kotak pensil lucu dari kain flanel.

Kain flanel sendiri termasuk jenis kain berbahan serat wol tanpa dijahit. Kain flanel biasanya digunakan untuk membuat kreasi kerajinan tangan, prakarya dan lain-lainnya.

Ada banyak kerajinan tangan yang dikreasikan dari kain flanel. Mulai dari boneka, tas, buket bunga, tempat tisu hingga kotak atau dompet tempat pensil.

Dalam acara Morning Update di iNews, seorang pengrajin asal Bekasi, Murni Ambar Lestari, membagikan cara-cara unik dan kreatif untuk membuat barang-barang lucu.

Salah satunya, kotak pensil yang terbuat dari kain flanel. Murni mengatakan, membuat kerajinan tangan dari kain flanel merupakan salah satu langkah untuk mengurangi limbah dari bahan-bahan sisa yang tak terpakai.

Nah apakah Anda penasaran bagaimana cara membuat kotak pensil dari kain flanel? Berikut adalah material atau bahan yang perlu Anda siapkan! Caranya sangat mudah dan juga tak memerlukan waktu lama.

Bahan yang diperlukan:

- Kain flanel ukuran 20x10 cm, warna bebas
- Zipper atau resleting sesuai dengan ukuran kotak pensil yang ingin dibuat
- Benang sesuaikan warna kain flanel
- Huruf dari sisa kain perca
- Hiasan, flanel printing atau hiasan lainnya
- Lem kayu putih

Cara Membuat:

1. Bentuk pola pada kain flanel, agar ukuran kotak pensil memiliki ukuran yang sama besar.

2. Tempel kedua sisi kotak pensil dengan lem kayu putih.

3. Tunggu beberapa saat hingga lem benar-benar merekat sempurna di kedua sisi.

4. Setelah itu kamu bisa mengkreasikan hiasan pada bagian depan tempat pensil sesuai dengan keinginan atau hiasan yang telah disiapkan tadi.

5. Kemudian jahit reslting, dengan warna benang yang telah disesuaikan.

6. Tempat pensil dari kain flanel, siap untuk digunakan menyimpan peralatan tulis anak!

Bagaimana, sangat mudah bukan? Jangan lupa untuk dicoba sendiri di rumah, ya. Kegiatan ini bisa dijadikan salah satu aktivitas di waktu luang, dan mengasah kreativitas anak. Dengan melakukan suatu kegiatan bersama anak, juga bisa membantu mempererat ikatan antara anak dan orang tua.

Selamat mencoba!

Topik Menarik