5 Cara Mencegah Penuaan Dini pada Kulit di Area Leher, Terapkan Secepatnya, yuk!

5 Cara Mencegah Penuaan Dini pada Kulit di Area Leher, Terapkan Secepatnya, yuk!

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 6 Juni 2023 - 08:03
share

Kulit leher dan decolletage merupakan anggota tubuh yang ternyata rentan mengalami keriput, lho! Karena itu, merawat kulit di area tersebut sama pentingnya dengan kulit wajah. So , untuk mencegah penuaan dini pada area leher, kamu bisa mulai menerapkan beberapa langkah perawatan berikut ini.

Jangan lewatkan penggunaan sunscreen

5-cara-mencegah-penuaan-dini-pada-kulit-leher

Kini, mulailah menggunakan sunscreen hingga ke leher dan area di bawahnya untuk mencegah efek buruk sinar matahari pada area tersebut. Dilansir dari Byrdie , dr. Corey L Hartmam, pendiri dan direktur Brimingham Skin Wellness Dermatology, menjelaskan jika sinar matahari dapat memecah kolagen pada kulit sehingga membuat kulit menjadi mudah mengalami garis halus dan keriput.

Selain itu, mengingat kulit bagian leher juga mudah kering, maka penggunaan pelembap pada area tersebut juga sangat penting. Kamu dapat memilih pelembap dengan kandungan hyaluronic acid, ceramide , atau peptide yang tak cuma bermanfaat untuk melembapkan kulit, tapi juga mencegah munculnya tanda penuaan.

Gunakan serum anti aging

Selain pelembap dan sunscreen, kamu juga bisa mengaplikasikan serum wajah untuk membantu merawat kulit di area tersebu. Untuk mencegah penuaan dini pada kulit leher, kamu dapat menggunakan serum anti aging yang mengandung retinol atau bakuchiol saat malam hari. Sementara di pagi harinya, gunakan serum vitamin C yang berfungsi sebagai anti oksidan sekaligus membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Hindari menggunakan produk eksfoliasi fisik

5-cara-mencegah-penuaan-dini-pada-kulit-leher

Meski butuh eksfoliasi, tapi penggunaan produk physical exfoliatants seperti scrub tidak dianjurkan untuk bagian leher. Pasalnya, kulit di area leher cenderung lebih tipis dan sensitif. Jadi, untuk mencegah iritasi, gunakan produk eksfoliasi kimia seperti exfoliating serum atau exfoliating toner untuk area leher. Kamu bisa membaca tahapan selengkapnya di sini .

Jangan terlalu sering menyemprotkan parfum pada bagian leher

Meski menyemprotkan parfum pada leher bisa membuat aroma parfum lebih tahan lama, tapi ternyata kebiasaan tersebut dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit leher, lho! Dilansir dari halaman Cosmopolitan , kandungan alkohol pada parfum bisa membuat kulit menjadi mudah kering. Selain itu, parfum dengan aroma musk disebut bisa meningkatkan sensitivitas kulit leher juga, Bestie!

Pakai produk khusus untuk merawat kulit bagian leher

5-cara-mencegah-penuaan-dini-pada-kulit-leher

Selain menerapkan langkah-langkah di atas, kamu juga bisa berinvestasi pada produk skincare yang diformulasikan khusus untuk merawat kulit leher, seperti Resilience Multi-Effect Tri Peptide Face and Neck Cream, MS GLOW Whitening & Firming Neck Cream with Peptide , atau Erha Truwhite Arbutin & Peptides Brightening Neck Cream.

Selain menjaga kelembapan di area tersebut, produk khusus untuk kulit leher biasanya juga memiliki kemampuan untuk menjaga elastitisa kulit.

Selain kelima cara di atas, kamu juga bisa mencegah penuaan dini pada kulit leher dengan memperbaiki postur tubuh saat duduk bekerja sehingga dapat meminimalisir munculnya kerutan di bagian tersebut.

Topik Menarik