ASEAN Para Games 2023: Cuaca Panas Kamboja Jadi Tantangan Atlet Para Atletik

ASEAN Para Games 2023: Cuaca Panas Kamboja Jadi Tantangan Atlet Para Atletik

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 2 Juni 2023 - 02:04
share

PHNOM PENH - Atlet Para Atletik Indonesia harus berhadapan dengan cuaca panas di Kamboja saat menggelar latihan jelang ASEAN Para Games 2023. Sebab, suhu rata-rata di Phnom Penh, Kamboja, saat ini berkisar antara 32-36 derajat Celsius.

Cuaca panas sudah dirasakan para atlet saat tim para atletik Indonesia berlatih pada Kamis (1/6/2023) pukul 07.00 WIB. Anggota tim pelatih, Setiyo Budi Hartanto, merasakan betul cuaca panas itu saat mendampingi tim berlatih di Morodok Techo National Sports Complex.

Cuaca pagi ini memang cukup panas. Tapi saya rasa tidak berbeda jauh dengan di Indonesia, berbeda 2-3 derajat celcius lebih panas di sini (Phnom Penh), terang Setiyo dalam rilis resmi yang diterima Sportstars.id , Jumat (2/6/2023).

Adaptasi cuaca ini menjadi menu utama para atletik saat menghadapi perlombaan mendatang. Skuad Merah Putih tak sabar untuk turun berlomba di ASEAN Para Games 2023 pada 3-9 Juni mendatang.

Kami sudah sangat siap bertanding dan berprestasi di Kamboja, apa pun itu cuacanya, karena persiapan sudah sangat lama. Seluruh atlet sudah beradaptasi, sekali ini ini tidak masalah, tegas Setiyo.

Sementara itu, Setiyo juga menyinggung menu makanan yang dipersiapkan panitia. Menurutnya, menu makanan yang dihidangkan sangat cocok dengan lidah seluruh kontingen Indonesia.

Menu sangat cocok dan tidak ada masalah. Lokasi latihan juga sangat dekat dengan tempat kami menginap. Hanya saja untuk atlet yang menggunakan tongkat, sedikit kesulitan menuju tempat latihan, tambah Setiyo.

Tantangan Selain Thailand

Di sisi lain, atlet lompat tinggi Dapiel Bayage, juga mengamini soal cuaca panas di Kamboja. Dia menyebut hal itu sebagai tantangan, selain kontingen Thailand yang akan dihadapinya.

Cuaca panas sangat terasa di Kamboja. Memang sedikit lebih panas dibanding Indonesia, kami harus segera beradaptasi, kata Dapiel.

Terakhir di Peparnas, lompatan saya 170 cm dan memecahkan rekornas. Di Kamboja ini, saya ingin memperbaiki rekor lompatan dan meraih emas, pungkasnya.

Kontingen Indonesia mengirimkan 59 atlet cabor para atletik ke APG 2023. Persaingan sangat ketat diprediksi antara Indonesia dengan Thailand pada cabor para atletik ASEAN Para Games 2023 yang akan dimulai Minggu (4/6/2023).

Topik Menarik