Waktu Terbaik Memotong Kuku, Lengkap dengan Doa dan Caranya

Waktu Terbaik Memotong Kuku, Lengkap dengan Doa dan Caranya

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 23:44
share

JAKARTA, celebrities.id - Waktu terbaik untuk memotong kuku telah diajarkan dan tertulis dalam kitab-kitab fiqih. Bahkan lengkap dengan doa dan caranya.

Memotong kuku menjadi sesuatu yang lazim atau wajar dilakukan oleh manusia, ketika kuku sudah mulai panjang dan kotor. Bahkan Islam pun mengatur tentang hal tersebut, karena berkaitan dengan kebersihan.

Allah SWT pun menyukai hambaNya yang gemar membersihkan diri, baik dalam tubuhnya maupun hatinya. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: Dari Shalih bin Abu Hassan ia berkata; Aku mendengar Said bin Al Musayyab berkata; "Sesungguhnya Allah Maha Baik, dan menyukai kepada yang baik, Maha Bersih dan menyukai kepada yang bersih, Maha Pemurah, dan menyukai kemurahan, dan Maha Mulia dan menyukai kemuliaan, karena itu bersihkanlah diri kalian, " (HR. Tirmidzi).

Kemudian umat Islam dianjurkan untuk membaca basmallah hingga doa, ketika akan melakukan sesuatu termasuk memotong kuku. Guna tiap-tiap apa yang dikerjakan, akan mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Berikut ini adalah doa memotong kuku, seperti dilansir dari berbagai sumber:

Bismillah wa billah wa alaa sunnati muhammadin wa aali muhammadin sholawaatullaahi wa salaamuhuu alaihim.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, dan karena Allah, serta mengikuti sunnah Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad. Semoga rahmat Allah dan salam-Nya senantiasa tercurah kepada mereka."

Sementara itu menurut pendapat para ulama, disunnahkan memotong kuku pada hari Kamis dan Jumat. Di mana pernyataan tersebut tertuang dalam riwayat, Nabi Muhammad SAW pernah menyebut hal demikian.

Sementara itu, berdasarkan riwayat Imam Al-Baihaqi, Rasulullah SAW sering memotong kuku di hari Jumat. Dijelaskan dalam kitab As-Sunan Al-Kubra, Imam Al-Baihaqi menyebutkan sebuah riwayat yang bersumber dari Abu Jafar, dia berkata;

Artinya: "Nabi SAW biasa mencukur kumis dan kukunya di hari Jumat."

Kemudian, dalam Islam pun telah mengatur tata caranya memotong kuku agar mendapatkan keutamaan di dalamnya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Barang siapa yang memotong kukunya dengan cara tidak berurutan atau secara berlawanan, maka tidak akan mengalami sakit mata." (HR Ibnu Qudaamah).

Topik Menarik