Hubungan Membaik, Pangeran Arab Saudi MBS Beri Selamat Erdogan

Hubungan Membaik, Pangeran Arab Saudi MBS Beri Selamat Erdogan

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 21:09
share

ANKARA, iNews.id - Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) mengucapkan selamat kepada Recep Tayyip Erdogan yang terpilih kembali sebagai presiden Turki. Ucapan selamat disampaikan langsung MBS melalui telepon, Kamis (1/6/2023).

Direktorat Komunikasi Turki menyatakan, dalam percakapan tersebut MBS mengungkapkan keinginan agar kemenangan Erdogan bisa memberikan manfaat kepada rakyat Turki.

Dalam kesempatan itu, kedua pemimpin juga membahas hubungan bilateral serta isu-isu di kawasan.

Hubungan Saudi dan Turki membaik beberapa bulan belakangan, padahal sempat memanas dipicu pembunuhan jurnalis The Washington Post Jamal Khashoggi di konsulat Istanbul pada 2018. Khashoggi merupakan pengkritik kebijakan Saudi di bawah pemerintahan MBS.

Turki menuduh Pemerintah Kerajaan Saudi berada di balik pembunuhan tersebut, namun dibantah.

Saudi telah memvonis beberapa orang pelaku dengan hukuman penjara, setelah diringankan dari awalnya hukuman mati. Peringanan hukuman itu dilakukan karena keluarga Almarhum telah memaafkan.

Badan Pemilu Tertinggi Turki (YSK) hari ini mengumumkan hasil akhir perolehan suara dalam pilpres putaran kedua. Pilpres putaran kedua digelar pada Minggu (28/5/2023) dan penghitungannya sudah mencapai 100 persen hari ini.

Kepala YSK Ahmet Yener mengumumkan secara resmi kandidat petahanan Erdogan sebagai pemenang pilpres. Erdogan meraup 52,18 persen suara, sementara pesaingnya, Kemal Kilicdaroglu, memperoleh 47,82 persen.

Topik Menarik