Badan Pemilu Turki Resmi Umumkan Erdogan Pemenang Pilpres, Segini Perolehan Suaranya

Badan Pemilu Turki Resmi Umumkan Erdogan Pemenang Pilpres, Segini Perolehan Suaranya

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 17:52
share

ANKARA, iNews.id - Otoritas pemilihan umum Turki Badan Pemilu Tertinggi (YSK), Kamis (1/6/2023), mengumumkan hasil akhir perolehan suara Pilpres Turki putaran kedua. Pilpres putaran kedua digelar pada Minggu (28/5/2023) dan hari ini penghitungannya sudah mencapai 100 persen, termasuk dari luar negeri.

Kepala YSK Ahmet Yener mengumumkan secara resmi kandidat petahana Recep Tayyip Erdogan sebagai pemenang pilpres tahun ini. Erdogan meraup 52,18 persen suara. Sementara pesaingnya, Kemal Kilicdaroglu, memperoleh 47,82 persen.

Hasil akhir pemungutan suara putaran kedua juga telah dikirim ke otoritas komunikasi Turki untuk dipublikasikan.

Yener menambahkan, pemungutan suara di luar negeri berakhir pada 24 Mei, 4 hari sebelum di dalam negeri. Surat suara dari 73 negara sudah tiba di Turki sebelum pemungutan suara di dalam negeri berlangsung.

Selain itu, lanjut Yener, tingkat partisipasi warga dalam pilpres putaran kedua mencapai 88,92 persen, sedangkan di luar negeri terbilang kecil yakni 53,8 persen.

Ini merupakan kali pertama Turki menggelar pilpres dua putaran karena hasil pemungutan suara sebelumnya, 14 Mei, tak satu pun kandidat memperoleh suara di atas 50 persen.

Hasil pilpres putaran pertama, Erdogan memperoleh 49,5 persen, Kilicdaroglu 44,8 persen, dan Sinan Ogan, 5,17 persen suara.

YSK pada 30 Mei telah mengumumkan hasil akhir pemilihan anggota legislatif (pileg) yang berlangsung berbarengan dengan pilpres putaran pertama. Aliansi Rakyat dipimpin partai Erdogan, Keadilan dan Pembangunan (AKP), kembali menguasai parlemen. AKP memperoleh 268 kursi. Sementara partai koalisi pemerintah lainnya, Partai Gerakan Nasionalis (MHP) dan Partai Kesejahteraan Baru (YRP) masing-masing mendapat 50 dan 5 kursi. Dengan demikian total suara Aliansi Rakyat di parlemen berdasarkan pileg 2023 adalah 323 dari total 600 kursi.

Sementara itu kelompok oposisi Aliansi Bangsa yang mencalonkan Kilicdaroglu sebagai presiden mendapat 212 kursi di parlemen. Perinciannya partai oposisi utama, Partai Rakyat Republik (CHP), mendapat 169 kursi dan Partai IYI 43 kursi.

Selain itu Partai Kiri Hijau (YSP) memenangkan 61 kursi dan Partai Buruh Turki (TIP) mendapat 4 kursi.

Yener mengatakan tingkat partisipasi dalam pileg pada 14 Mei mencapai 87 persen.

Topik Menarik