Cara Agar Pisang Tahan Lama Jika Disimpan, Jadi Tak Mudah Busuk

Cara Agar Pisang Tahan Lama Jika Disimpan, Jadi Tak Mudah Busuk

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 17:32
share

JAKARTA, celebrities.id - Cara agar pisang tahan lama, sehingga tak mudah busuk jika disimpan dengan benar. Pisang adalah salah satu buah yang populer dan banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Namun, seringkali pisang cepat busuk dan menghitam jika terlalu lama disimpan.

Untungnya, ada beberapa langkah sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menjaga pisang tetap segar dan tahan lama. Berikut ini adalah 6 cara agar pisang tahan lama jadi tak mudah busuk, yang dapat kamu coba di rumah.

Cara agar pisang tahan lama Jika disimpan

1. Bungkus Batang Pisang dengan Bungkus Plastik

Bungkus bagian batang pisang dengan plastik wrap, atau aumunium foil untuk memperlambat proses pematangan.

Hal itu dikarenakan, pisang mulai matang segera setelah dipetik dari pohon karena gas etilen yang terlepas dari batangnya. Namun, untuk hasil terbaik, pisahkan pisang dan bungkus batangnya satu per satu.

2. Gantung Pisang

Ternyata ada alasan ilmiah mengapa kamu harus menggantung pisang di pengait. Jika kamu menggantung pisang di pengait, gas etilen bekerja lebih lambat.

3. Beli Pisang yang masih Hijau

Cara termudah untuk memperpanjang umur simpan pisang adalah dengan membeli pisang yang paling hijau.

Jadi kamu bisa menyimpannya, sambil menunggu saat pisang mulai matang dan menguning secara perlahan pada warna yang kamu sukai.

4. Jangan Menyimpan Pisang dengan Buah lain

Pisang menghasilkan gas etilen secara alami, yang mempercepat pematangan buah-buahan lain di sekitarnya. Oleh karena itu, sebaiknya pisang disimpan terpisah dari buah-buahan lain untuk mencegah pembusukan mereka.

5. Masukkan Pisang Matang ke dalam Kulkas

Saat pisang sudah matang kamu bisa lho menyimpan pisang di dalam lemari pendingin yang mana suhu dingin akan mencegahnya matang lebih lanjut (setidaknya untuk beberapa hari).

6. Bekukan Pisang

Membekukan pisang, jadi salah satu cara termudah untuk menjaganya tetap awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Untuk memudahkan penyajian pisang yang dibekukan, kamu juga bisa memotong-motong pisang yang telah dikupas kemudian dimasukkan ke dalam kantong.

Topik Menarik