Badan Otorita Ajak 130 Pengusaha Singapura Kunjungi Proyek Pembangunan IKN

Badan Otorita Ajak 130 Pengusaha Singapura Kunjungi Proyek Pembangunan IKN

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 23:02
share

IDXChannel - Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengajak 130 pengusaha asal Singapura mengunjungi proyek pembangunan IKN. Agenda tersebut merupakan rangkaian dari Singapore Business Visit to Nusantara sekaligus menarik potensi investasi.

Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang pembangunan IKN sebagai kota yang smart dan berkelanjutan (sustainable).

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi IKN Agung Wicaksono memberikan paparan terkait rencana pengembangan dan peluang usaha di IKN, termasuk rencana penggunaan energi terbarukan untuk mewujudkan IKN sebagai smart and sustainable forest city.

"Ketika para pengusaha memutuskan untuk berinvestasi di IKN, maka mereka juga dapat kesempatan untuk menguasai pasar di Balikpapan dan di Samarinda, ujar Agung pada pernyataan tertulisnya, Rabu (31/5/2023).

Selanjutnya Duta Besar Indonesia Suryo Pratomo dalam sambutannya turut menjelaskan bahwa rangkaian perjalanan ini merupakan tindak lanjut dari hasil Leaders Retreat pada Maret 2023 yang menyatakan dukungan Singapura terhadap pembangunan IKN.

Seeing is believing. Dalam agenda ini kami akan mengajak para pengusaha dari Singapura untuk menyaksikan langsung proses pembangunan (IKN) sekaligus menunjukkan bahwa proyek ini bukan lagi sekadar harapan, namun sudah menjadi kenyataan dan pembangunannya sudah dimulai, sambungnya.

Pembangunan Ibu Kota baru di Kalimantan ini memang mayoritas menggunakan pendanaan dari Investor. Porsi APBN dibatasi hanya sebesar 20%, agar pembangunan IKN tidak menggangu ruang gerak fiskal negara.

Sejauh ini, Badan Otorita IKN sendiri telah mengantongi setidaknya 220 Letter of Intent (LOI). Sekitar enam di antara saat ini sudah mendapatkan LTO/Letter to Proceed dan akan segera melakukan pembangunan untuk membangun rumah dinas jabatan lewat skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). (NIA)

Topik Menarik