Kiamat Sudah Dekat! Ilmuan Ungkap Fenomena Oasis Pythia, Kebocoran Dasar Laut Picu Gempa Dahsyat

Kiamat Sudah Dekat! Ilmuan Ungkap Fenomena Oasis Pythia, Kebocoran Dasar Laut Picu Gempa Dahsyat

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 10 Mei 2023 - 22:36
share

CALIFORNIA, iNewsSemarang.id Hasil penelitian mengungkap adanya kebocoran di dasar laut lepas pantai Pasifik Amerika Serikat dan Kanada. Fenomena ini disebut Oasis Pythia yang dapat memicu terjadinya gempa bumi berkekuatan besar sebagai tanda kiamat telah datang.

Seorang ilmuwan menyebut belum pernah menemukan fenomena itu sebelumnya. Oasis Pythia disebut merupakan bagian dari Zona Subduksi Cascadia (CSZ), yang merupakan garis patahan besar yang membentang dari Pulau Vancouver di pantai barat Kanada sampai ke bawah, California Utara.

Sekarang, ketika mereka mengamati gelembung metana yang datang dari satu mil di bawah lautan, para peneliti dari University of Washington menemukan bahwa cairan yang jauh lebih hangat daripada air laut di sekitarnya merembes keluar dari dasar laut sekitar 50 mil lepas pantai dari Newport, Oregon.

Para ilmuwan percaya bahwa garis patahan kemungkinan akan menjadi sumber Big One berikutnya.

Gempa megathrust yang begitu kuat sehingga akan menimbulkan kematian dan kehancuran yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

Suhu air di patahan sekitar 300 hingga 500 derajat Fahrenheit, yang akan menjelaskan mengapa air yang keluar seperti selang kebakaran ini lebih hangat.

Lagi pula, jika lebih banyak air yang bocor, ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada kesalahan, yang dapat menyebabkan tekanan di antara kedua lempeng.

Jika tekanan itu menumpuk dan lempeng-lempeng itu tergelincir, mungkin akan terjadi gempa Bumi.

Evan Solomon, seorang Ahli Kelautan Universitas Washington dan salah satu penulis makalah tentang fenomena ini di jurnal Scientific Advances, mengatakan: Zona patahan megathrust seperti meja hoki udara. Kalau tekanan fluida tinggi, itu seperti udara dihidupkan, artinya gesekan berkurang dan kedua lempeng bisa tergelincir.

Kalau tekanan fluida lebih rendah, kedua lempeng akan mengunci. Saat itulah stres dapat menumpuk,\'\'

Cairan yang keluar dari zona sesar itu seperti pelumas yang bocor. Itu berita buruk untuk bahaya gempa bumi: Lebih sedikit pelumas berarti stres dapat meningkat untuk menciptakan gempa yang merusak. Tanda Kiamat telah muncul

Dalam makalah mereka, penulis mengatakan bahwa mereka tidak yakin apakah Oasis Pythia adalah satu-satunya rembesan dari jenisnya tetapi mengandaikan bahwa mungkin ada yang lain di sekitar CSZ.

Rekan penulis dan profesor oseanografi Deborah Kelley mengatakan: Oasis Pythia menyediakan jendela langka ke dalam proses yang bekerja jauh di dasar laut, dan kimianya menunjukkan bahwa cairan ini berasal dari dekat batas lempeng.

Seperti yang sering terjadi dengan sains, mengamati hal-hal ini adalah satu hal, tetapi sama sekali berbeda untuk memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya.

Dalam hal ini, bisa terjadi gempa besar di lepas pantai Amerika Utara.

Bahkan di tempat yang tidak asing dengan aktivitas seperti itu, ini bisa menjadi besar.

Topik Menarik