SEA Games 2023 Baru Dimulai, Kamboja Bikin Bendera Merah Putih Terbalik, Psywar?

SEA Games 2023 Baru Dimulai, Kamboja Bikin Bendera Merah Putih Terbalik, Psywar?

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 6 Mei 2023 - 06:26
share

PHNOM PENH, iNewsMalang.id - Tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja bikin heboh. Bendera Indonesia dipasang terbalik saat pre show opening ceremony SEA Games 2023 di Morodok Techo National Stadium, Phnom Phen, Jumat (5/5/2023). Warna putih yang seharusnya di bawah malah terbalik di atas seperti bendera Polandia.

Acara pre show dilaksanakan sebelum ppening ceremony SEA Games 2023 yang dilangsungkan pada 19.00 WIB. Para penonton sudah memenuhi stadion tempat pembukaan ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara. Acara pre show juga disiarkan secara langsung melalui akun YouTube Press Office of The Council of Ministers Cambodia.

Dalam satu momen, bendera Indonesia terlihat terbalik. Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony, ungkap Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Harry Warganegara dalam keterangan resminya, Jumat (5/5/2023).

NOC Indonesia melayangkan keberatan secara formal atas kejadian tersebut. Surat ditujukan kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO Camsoc Vath Chamroeun. NOC Indonesia secara resmi menyampaikan keberatan kepada CAMSOC yang salah memasang bendera Indonesia dengan benar sebelum dimulainya Opening Ceremony 32th SEA Games 2023 di Stadion Morodok Techo National Stadium, Phnom Phen, kata Harry.

Penempatan bendera kami yang terbalik tidak dapat diterima karena kami telah memberi tahu CAMSOC berkaitan dengan pemasangan bendera Indonesia yang telah disetujui sebelumnya. Kami berharap ada perbaikan yang dilakukan pada Opening Ceremony dan menanti tindakan cepat Anda, lanjutnya. Beberapa cabang olahraga di SEA Games 2023 Kamboja sejatinya sudah dilangsungkan sejak beberapa hari lalu. Namun, upacara pembukaan resminya baru dilangsungkan, Jumat (5/5/2023) pada pukul 19.00 WIB.

Topik Menarik