Pemkab Takalar Galakkan Gerakan Tanam Cabe dan Sayuran di Pekarangan Rumah

Pemkab Takalar Galakkan Gerakan Tanam Cabe dan Sayuran di Pekarangan Rumah

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 4 Mei 2023 - 21:08
share

ABATANEWS, TAKALAR Bertempat di Dusun Kasuarrang Desa Sawakong Kec. Galsel Kab. Takalar Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M.Dev. Plg bersama Pj. Ketua TP. PKK Sri Astuti Thamrin Setiawan S. Si, M. Stat, Ph.D canangan gerakan menanam cabe dan sayuran di pekarangan warga dan penyerahan bantuan alat pertanian (Alsintan) Dana Desa TA 2023 berupa pompanisasi dan handsprayer, Kamis (4/5/2023).

Pj. Bupati Takalar dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan dilakukan sebagai penguatan ekonomi dan sebagai upaya dalam mencegah inflasi dengan melonjaknya harga. Untuk itu, ia mengajak untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami cabe dan sayuran.

Dengan kita menanam sendiri cabe dan sayuran, maka kita bisa menghasilkan sayuran yang segar sehingga sehat untuk dikonsumsi. Dengan mengkonsumsi makanan dan sayuran yang sehat dan bergizi terutama terhadap anak, maka kita dapat mencegah stunting terhadap anak, imbuhnya.

Pencanangan ini dilaksanakan serentak di Kantor OPD-OPD lingkup Kab. Takalar, di tingkat sekolah se-Kab. Takalar, desa, kecamatan. Hal ini tentunya untuk mendorong agar masyarakat dapat menghasilkan hasil produksi pertanian sendiri. Ia yakin jika serius dalam memanfaatkan lahan secara bagus maka akan menjadi salah satu pilar ekonomi yang baik.

Saya berharap beberapa bulan ke depan kita sudah bisa melihat hasilnya, dan diharapkan setiap kecamatan ada satu lokasi yang menjadi sentra penanam cabe dan sayurnya dan akan saya monitor. Kita juga akan mencari lahan yang bisa dikelola dan dimaksimalkan sebagai bank sayur yaitu pusat pembibitan dan pengelola hasil produksi, harapnya

Ia berharap, gerakan ini akan memberi langkah-langkah ke depan yang lebih progresif dalam rangka penguatan mengatasi inflasi, ekonomi, kemiskinan ekstrem dan stunting.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Pj. Ketua TP. PKK Kab. Takalar dalam sambutannya menyampaikan, menanam cabe dan sayuran memiliki banyak manfaat. Selain bisa menikmati sayuran yang segar, juga bisa melakukan kegiatan yang sehat dengan menyiram dan merawat setiap hari.

Melalui gerakan menanam ini, warga kita menjadi sehat dan ekonomi keluarga bisa ditingkatkan, mari kita mengedukasi masyarakat desa untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam cabe dan sayuran, harapnya.

Pencanangan ditandai dengan menanam cabe dan sayuran oleh Pj. Bupati Takalar Pj. Ketua TP. PKK Kab. Takalar, Ketua DPRD Takalar, Sekda Takalar, Perwakilan Forkopimda Takalar dan disaksikan para Pimpinan OPD Kab. Takalar, para Camat, Kepala Desa se-Kab. Takalar dan para Ketua TP. PKK Kecamatan dan Desa.

Topik Menarik