6 Bahan Alami Pengganti Sabun Cuci Piring, Efektif Dan Mudah Didapatkan

6 Bahan Alami Pengganti Sabun Cuci Piring, Efektif Dan Mudah Didapatkan

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 4 Mei 2023 - 12:23
share

AKURAT.CO, Terdapat sebagian orang yang menggunakan bahan alami pengganti sabun cuci piring untuk menjaga kesehatan lingkungan dan kesehatan tubuh.

Seperti yang diketahui bahwa sabun cuci piring mengandung detergen yang terbuat dari bahan kimia, salah satunya yaitu natrium lauril sulfat .

Bahan alami pengganti sabun cuci piring lebih aman, mudah didapatkan, praktis digunakan dan bisa mengangkat noda yang ada di piring serta peralatan dapur lainnya.

Namun sabun cuci piring dari bahan alami ini tidak mengandung detergen yang menghasilkan busa seperti sabun cuci piring pada umumnya.

Bahan alami pengganti sabun cuci piring

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (4/5/2023), berikut bahan alami pengganti sabun cuci piring:

1. Jeruk nipis

Jeruk nipis memang menjadi salah satu bahan untuk pembuatan sabun cuci piring. Selain baunya yang segar, kandungan jeruk nipis dapat mengangkat lemak maupun minyak pada alat-alat makan dan memasak. Namun jika ingin lebih alami, kamu bisa menggunakan air perasan jeruk nipisnya langsung.

Cara menggunakan jeruk nipis sebagai bahan alami pengganti sabun cuci piring yaitu mencampurkan perasan air jeruk nipis dengan air hangat. Lalu gosokkan atau aplikasikan pada piring dan alat lainnya, kemudian bilas sampai bersih.

2. Cuka alami

Air cuka adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Selain untuk menambah rasa masakan, air cuka juga bisa digunakan sebagai bahan alami pengganti sabun cuci piring untuk membersihkan noda yang membandel.

Kamu bisa menggunakan berbagai macam cuka, seperti cuka apel yang memiliki kandungan zat asam yang mampu mengangkat kotoran di piring.

Tidak hanya itu, cuka yang diaplikasikan ke media berbahan kayu dapat mencegah alat masak dari kuman dan bakteri yang menumpuk pada alat-alat masak tersebut.

Cara menggunakannya dengan meneteskan air cuka ke piring kotor, lalu gosok hingga bersih dan bilas.

Alternaif lain, kamu juga bisa menggunakan cara merendam alat masak selama beberapa menit pada air panas yang telah diberi sedikti cairan cuka. Setelah itu disikat secara perlahan dan bilas dengan air bersih seperti biasa.

3. Garam

Sama seperti cuka, garam tidak hanya untuk menambahkan rasa pada masakan saja, namun bisa dimanfaatkan juga untuk membersihkan noda pada piring.

Garam mengandung mineral yang dapat menyerap noda dan minyak yang menempel pada piring dan peralatan lainnya.

Jenis garam yang baik untuk digunakan sebagai bahan pengganti sabun cuci piring ini adalah jenis garam kasar.

Cara menggunakan garam sebagai bahan alami pengganti sabun cuci piring cukup alat makan dengan menaburkan garam di piring yang akan dicuci, lalu gosok perlahan menggunakan spons seperti mencuci dengan sabun cuci piring biasanya.

Jika ingin lebih maksimal, kamu bisa membuat kombinasi garam dengan perasan air lemon yang dapat membuat piring menjadi lebih harum dan kesat.

4. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh cocok digunakan untuk membersihkan bahan makanan yang terbuat dari keramik. Caranya adalah dengan mengupas buah ini, kemudian digosokkan pada piring yang kotor. Setelah itu diamkan selama beberapa menit, lalu dibilas dan mengelap piring menggunakan kain bersih.

5. Lerak

Lerak adalah tumbuhan yang dikenal karena kegunaan bijinya yang dipakai sebagai detergen tradisional. Bahan alami pengganti sabun cuci piring ini dianggap sebagai bahan pencuci paling sesuai untuk menjaga kualitasnya.

Berbeda dengan bahan alami pengganti sabun cuci piring lainnya yang tidak menghasilkan busa, buah ini akan mendapatkan busa jika diolah menjadi sabun.

Caranya yaitu dengan merebus buah lerak ke dalam air. Pada saat air rebusan lerak telah mendidih, matikan api dan biarkan sampai dingin.

Agar lebih wangi, kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial.

Setelah itu tiriskan lerak dan masukkan hasil rebusan tersebut ke dalam botol untuk mencuci alat makan atau masakan, kemudian gosokkan ke piring kotor dan bilas sampai bersih.

6. Baking soda

Karena baking soda tidak sepenuhnya efektif untuk membersihkan alat makan dan masak, maka dalam penggunaannya perlu dicampurkan dengan sabun cuci piring.

Cara penggunaan baking soda untuk mencuci piring cukup dengan menggosok wajan maupun alat makan yang akan dicuci dengan baking soda dengan spons pada bagian kasarnya.

Topik Menarik