Belajar dari Baby Moana, Apa Penyebab Anak Lambat Tumbuh Gigi Susu?

Belajar dari Baby Moana, Apa Penyebab Anak Lambat Tumbuh Gigi Susu?

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 2 Mei 2023 - 18:21
share

Ria Ricis baru-baru ini curhat mengenai kondisi kesehatan dan tumbuh kembang sang putri, Baby Moana.

Sebagai ibu, ia tengah bertanya-tanya, mengapa anaknya yang sudah berusia 9 bulan belum juga mengalami tumbuh gigi .

"Ada yang tahu enggak, gigi Moana kemana? Kok enggak nongol-nongol, ya?" tulis Ria Ricis sebagai keterangan unggahan, dikutip Selasa (2/5/2023).

Perihal tumbuh gigi susu pada anak, memang umumnya ada patokan usia kapan anak mulai mengalami tumbuh gigi susu. Dikatakan Dokter Spesialis Anak, dr. Mia Amstrong, biasanya gigi susu mulai tumbuh saat bayi berusia 6 sampai 12 bulan, namun tiap anak bisa punya timing yang berbeda-beda.

"Beberapa anak mungkin mulai punya gigi susu pertama di usia 4 bulan, sementara yang lain baru tumbuh gigi susu di usia mendekati 12 bulan," kata dr. Mia, dikutip dari Healthline.

Ditelisik lebih jauh, memang ada beberapa faktor yang kemungkinan bisa jadi penyebab tertundanya pertumbuhan gigi susu. Dalam beberapa kasus, kondisi tertundanya tumbuh gigi susu pada anak karena ada kondisi khusus yang mendasari. Beberapa kemungkinan penyebab gigi susu tertunda antara lain seperti;

1. Kelahiran prematur atau berat badan lahir rendah: Bayi yang lahir prematur atau berat badan lahir rendah punya risiko lebih besar gigi susunya lambat tumbuh ketimbang bayi yang lahir normal.

2. Malnutrisi: Nutrisi tepat selama masa kehamilan dan masa 1000 hari pertama kelahiran, sangat krusial dalam menentukan pertumbuhan bayi. Kondisi malnutrisi bisa mengakibatkan pertumbuhan gigi terhambat satu sampai empat bulan lebih lambat dari hitungan normal.

5 Kebiasaan Buruk Jadi Penyebab Gigi Anak Berantakan, Bunda Wajib Paham!

3. Masalah sindrom: Beberapa sindrom bisa jadi penyebab tertundanya pertumbuhan gigi susu. Contohnya mulai dari down syndrome, apert syndrome, Ellis-van Creveld syndrome, progeria Hutchinson-Gilford syndrom, Zimmermann-Laband-1 syndrome, atau Axenfeld-Rieger syndrome.

"Kondisi masalah syndrom seperti ini, bahkan bisa menyebabkan gigi tidak tumbuh permanen," ujar dr. Mia

4. Gangguan perkembangan: Gangguan perkembangan seperti dysostosis cleidocranial, displasia ektodermal, atau gangguan odontodysplasia regional.

5. Gangguan endokrin: Sistem endokrin bertanggung jawab memproduksi hormon. Beberapa hormon yang diproduksi mengatur pertumbuhan dan perkembangan anak Jika terjadi gangguan di endokrin, ini bisa ikut memengaruhi pertumbuhan gigi.

Penyakit endokrin yang bisa berdampak pada pertumbuhan gigi misalnya seperti hipotiroidisme, hipopituitarisme, atau hipoparatiroidisme.

6. Genetika: Punya riwayat keluarga yang terlambat tumbuh giginya, ada peluang bisa juga menurun ke anak.

Topik Menarik