Pengusaha Muda Senegal Ciptakan Papan Selancar Buatan Lokal Pertama

Pengusaha Muda Senegal Ciptakan Papan Selancar Buatan Lokal Pertama

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 23:20
share

Berita Baru, Internasional Di gubuk kecil tepi pantai di ibu kota Senegal, Dakar, Pape Diouf menghabiskan waktu berjam-jam untuk setiap papan selancar yang dibuatnya, membentuk permukaan busanya dengan alat ketam listrik untuk menciptakan lekukan yang sempurna.

Dilansir dari Reuters , Diouf adalah pemuda berusia 27 tahun yang merupakan pembuat papan selancar pertama di negara Afrika Barat, yang telah menarik peselancar dari seluruh dunia. Dakar sendiri menjadi lokasi yang diperhitungkan oleh para peselancar selama beberapa dekade karena posisinya di atas tanah yang menjorok ke Samudra Atlantik, menciptakan ombak kelas dunia.

Adegan selancar didominasi oleh penduduk setempat, banyak dari mereka berselancar di papan lama yang disumbangkan atau diwariskan dari peselancar yang lebih tua.

Pengusaha Muda Senegal Ciptakan Papan Selancar Buatan Lokal Pertama
Doc. Reuters

Namun Diouf yang juga seorang instruktur selancar ingin mengubahnya dengan meningkatkan ketersediaan papan selancar buatan lokal.

Sejak saya masih kecil, saya bermimpi membuat papan selancar sendiri, kata Diouf yang membuka usaha Perbaikan Papan Selancar Sunugal pada tahun 2020 dengan dana yang diperolehnya dari mengikuti kompetisi kewirausahaan.

Meski ia juga memperbaiki papan, namun kini membuat papan selancar lebih menjadi fokusnya.

Pengusaha Muda Senegal Ciptakan Papan Selancar Buatan Lokal Pertama
Doc. Reuters

Pembuatan papan benar-benar perlu diambil, kata peselancar Aita Diop, yang bersaing dengan papan buatan Diouf.

Alhamdulillah kita ada satu orang yang membuatnya, tapi harus lebih banyak sehingga kita bisa menunjukkan bahwa kita mampu membuat papan yang bagus, ujarnya.

Papan Diouf dijual seharga sekitar 250.000 franc CFA (422 dolar), yang mencakup biaya bahan seperti fiberglass yang harus dia impor dari Eropa.

Dia mempersonalisasi beberapa bagian dengan mendekorasi mereka dengan kain Afrika.

Saat ini hanya di lokasi Anda dapat memiliki papan selancar Sunugal, tetapi tujuan dari proyek ini bukan untuk tinggal di Yoff (lingkungan), kata Diouf, menambahkan bahwa dia sedang mengupayakan untuk membuka cabang lain di Dakar dan wilayah lain di negara itu.

Besok, saya harap kita akan melihat papan selancar Sunugal di seluruh dunia.

Topik Menarik