PBB Tuduh Rusia Lakukan Pelanggaran HAM Berat di Ukraina

PBB Tuduh Rusia Lakukan Pelanggaran HAM Berat di Ukraina

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 04:36
share

Delegasi Rusia yang terdiri dari 36 pakar hukum dan hak asasi manusia gagal membujuk Committee on the Elimination of Racial Discrimination atau Komite Penghapusan Diskriminasi Rasial (CERD) PBB bahwa pemerintah Rusia telah mematuhi Konvensi Internasional tentang Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Rasial.

Rusia adalah salah satu dari enam negara pihak konvensi yang sedang ditinjau oleh 18 anggota CERD PBB selama tiga minggu terakhir ini. Kajian itu berakhir Jumat lalu (28/4).

Komite yang memantau pelaksanaan konvensi internasional itu di negara-negara yang telah menandatanganinya, menyampaikan keprihatinan mendalam tentang pelanggaran berat hak asasi manusia (HAM) yang dilakukan selama konflik bersenjata yang sedang berlangsung oleh pasukan militer Rusia dan perusahaan militer swasta terhadap mereka yang dilindungi konvensi itu, khususnya etnis Rusia.

Anggota CERD, Mehrdad Payandeh mengatakan sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022, komite itu telah menerima sejumlah laporan pelanggaran HAM yang parah, termasuk di antaranya bentuk dan praktik penggunaan kekuataan berlebihan, pembunuhan, eksekusi di luar proses hukum, penghilangan paksa, penyiksaan, perkosaan dan berbagai bentuk aksi kekerasan seksual lainnya yang dilakukan oleh negara pihak.

Topik Menarik