Jangan Kebanyakan Minum Obat, Simak 5 Bahayanya!

Jangan Kebanyakan Minum Obat, Simak 5 Bahayanya!

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 30 April 2023 - 01:28
share

TERNYATA kebanyakan minum obat tidak baik bagi kesehatan. Apalagi minum obat sebaiknya sesuai dengan aturan dan jangan kebanyakan. Bahkan beberapa orang mengandalkan obat untuk meringankan kondisi yang mengganggu atau mengancam kesehatan mereka.

Namun, kombinasi kimia dalam obat-obatan dapat menyebabkan efek samping yang terkadang berbahaya. Risiko buruk Kebanyakan minum obat ini bisa menyebabkan overdosis.

obat

Overdosis adalah keracunan akibat obat yang melebihi dosis yang bisa di terima oleh tubuh. Penting untuk diingat bahwa tidak semua overdosis berakibat fatal atau mengancam nyawa, namun tindakan medis harus dilakukan jika overdosis terjadi.

Berikut 5 bahaya kebanyakan minum obat dikutip dari Betterhealth, apa saja?

1. Urin berwarna biru

Sangat mengejutkan bukan kalau tiba-tiba menemukan cairan biru di limbah toilet? beberapa obat dapat menyebabkan urin berwarna biru, termasuk amitriptyline antidepresan, obat penghilang rasa sakit indometasin (Indocin) dan propofol anestesi (Diprivan). Warna biru berasal dari warna buatan yang ada di obat.

2. Hilang Ingatan

Kehilangan ingatan jangka pendek juga dapat terjadi setelah kebanyakan minum obat tertentu. Beberapa jenis obat yang memberikan efek samping ini adalah obat seperti obat penenang dan obat tidur.

Cara Minum Obat Paxlovid Bagi Pasien Covid-19

3. Halusinasi

Beberapa pasien mengeluhkan halusinasi dan bahkan upaya bunuh diri saat mengkonsumsi obat-obatan terlalu banyak.

Digigit Hewan Paling Beracun di Dunia, Wanita Ini Berhasil Tetap Hidup

4. Alami serangan jantung

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Rumah Sakit Universitas Kopenhagen, Demark, penggunaan Ibuprofen yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kematian pasien yang selamat dari serangan jantung.

5. Kerusakan Ginjal

Obat-obatan mengganggu aliran darah ke ginjal yang dapat memicu reaksi alergi. Efek ini paling menonjol ketika seseorang mengonsumsi obat berlebihan tanpa ada resep dokter.

Topik Menarik