Waspada, Sinar UV Ekstrem Melanda kawasan Indonesia Termasuk Sulawesi

Waspada, Sinar UV Ekstrem Melanda kawasan Indonesia Termasuk Sulawesi

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 25 April 2023 - 12:31
share

ABATANEWS, MAKASSAR Sejumlah wilayah di Indonesia bagian timur dan bagian tengah bakal dilanda cuaca panas yang ekstrim. Termasuk di wilayah Sulawesi cuaca tersebut juga akan melanda.

Berdasarkan publikasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca panas berupa Sinar Ultraviolet (UV) kategori ekstrem akan melanda pada Selasa (25/4/2023).

Sinar tersebut akan dimulai dari wilayah Papua. Lalu, mulai menjalar hingga kawasan Sulawesi pada pukul 10.00 WIB, dan berlanjut ke bagian atas Kalimantan serta Jawa Timur pukul 11.00 WIB.

Paparan sinar UV kategori sangat bahaya ini akan melanda seluruh kawasan Indonesia pada pukul 11.00 WIB. Dimulai dari daerah Aceh hingga bagian atas Papua. Termasuk kawasan Jawa Tengah dan Timue serta Kalimantan Utara.

Paparan sinar UV ekstrem ini akan berlalu dari wilayah Indonesia pada pukul 13.00 WIB. Sinar UV ekstrem ini diindikasikan dengan warna ungu oleh BMKG berdasarkan angka indeks di atas 11.

Sinar UV ekstrem ini merupakan tingkat bahaya terparah bagi orang yang terpapar matahari tanpa pelindung. Diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit.

Topik Menarik