Mendag Bersama Menkop UKM Musnahkan 7.363 Bal Pakaian Bekas Impor Dari 4 Negara Jiran

Mendag Bersama Menkop UKM Musnahkan 7.363 Bal Pakaian Bekas Impor Dari 4 Negara Jiran

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 28 Maret 2023 - 18:18
share

AKURAT.CO Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan atau Zulhas bersama Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki beserta jajarannya melakukan pemusnahan terhadap ribuan bal pakaian bekas impor di Kawasan Industri Jababeka, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (28/3/2023).

Diketahui, penindakan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo terkait penanganan peredaran pakaian bekas impor ilegal yang dinilai mengganggu industri tekstil lokal.

Adapun, sebanyak 7.363 bal yang bernilai sekitar Rp80 miliar ini disebut berasal dari Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

"Jadi ini tindak lanjut dari arahan Presiden (Joko Widodo) kita sudah berapa kali, kemarin di Pekanbaru (Riau), Jawa Timur, puncaknya ini 7.000 lebih nilainya hampir Rp80 miliar," ujar Mendag Zulhas dalam konferensi pers.

Kendati demikian, Mendag mengatakan, hasil penindakan ini bukan hanya dilarang karena aturan, melainkan dilihat dari sudut pandang ilegal atau diselundupkan secara diam-diam.

"Kalau yang bekas, impor enggak boleh, artinya dilarang. Sekarang yang ditindak ini bukan saja tidak boleh atau dilarang, tapi ini diselundupkan, jadi ilegal. Nah, yang diberantas ini hulunya," jelas Mendag.

Sebagai informasi, pemusnahan secara simbolis ini dilakukan dengan cara dibakar di Tempat Penimbunan Pabean (TPP) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, Bekasi, Jawa Barat.

Tak hanya Mendag dan MenKopUKM yang hadir dalam kegiatan ini, tetapi Kepala Bareskrim Polri, Kadiv Humas Polri, dan perwakilan dari Kejaksaan Agung. []

Topik Menarik