Doa dan Tata Cara Sholat Tarawih 20 Rakaat dan Witir 3 Rakaat

Doa dan Tata Cara Sholat Tarawih 20 Rakaat dan Witir 3 Rakaat

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 24 Maret 2023 - 15:05
share

DOA dan tata cara sholat tarawih 20 rakaat dan witir 3 rakaat, bisa dilihat dala artikel ini! Ramadhan identik dengan kegiatan ibadah sunnah yang khas, yakni sholat tarawih. Pelaksanaannya sendiri, bisa dilakukan dengan jumlah rakaat yang bisa disesuaikan.

Pada zaman sahabat Umar, rakaat sholat tarawih adalah 20 rakaat tanpa witir, sebagaimana yang sudah disepakati oleh umatnya, baik ulama salaf atau ulama kholaf bahkan ini sudah menjadi ijma sahabat dan semua ulama madzhab, Syafii, Hanafi, Hanbali dan mayoritas Madzhab Maliki.

Fadhilah Tarawih Malam Ke-3, Bisa Ampuni Dosa Masa Lalu

Dalam konteks keindonesiaan, warga Nahdlatul Ulama menerapkan konsep sholat Tarawih ini. Berikut bacaan doa sholat tarawih dan witir lengkap, sebagaimana dikutip dari nu.or.id :

 Doa dan Tata Cara Salat Tarawih 20 Rakaat dan Witir 3 Rakaat

(Doa dan Tata Cara Salat Tarawih 20 Rakaat dan Witir 3 Rakaat, foto: MPI/Hantoro)

Bacaan Niat Sholat Tarawih Berjamaah Jadi Makmum dan Tata Caranya Lengkap

Arab latin: Allahummajalna bil imani kmiln. Wa lil faraidhi muaddin. Wa lish-shlati hafidhin. Wa liz-zakati failin. Wa lima indaka thalibin. Wa li afwika rajin. Wa bil-huda mutamassikin. Wa anil laghwi muridlin. Wa fid-dunya zahdin. Wa fil akhirati raghibin. Wa bil-qadlaI radlin. Wa lin namaI syakirin. Wa alal balai shabirin. Wa tahta liwai muhammadin shallallahu alaihi wasallam yaumal qiyamati sairina wa alal haudli wridin. Wa ilal jannati dakhilin. Wa minan nari najin. Wa \'ala sariirl karamati qa\'idn. Wa bi hurun \'in mutazawwijn.Wa min sundusin wa istabraqn wadibajin mutalabbisin. Wa min thaamil jannati akilin.

Wa min labanin wa asalin mushaffan syaribin. Bi akwabin wa abariqa wa kasin min main. Maal ladzina anamta alaihim minan nabiyyna wash shiddiqina wasy syuhadai wash shalihina wa hasuna ulaika rafiqan. Dalikal fadl-lu minallahi wa kafa billahi aliman. Allahummajalna f hadzihil lailatisy syahrisy syarifail mubarakah minas suadail maqbulin. Wa la tajalna minal asyqiyail mardudin. Wa shallallahu ala sayyidina muhammadin wa alihi wa shahbihi ajmain. Birahmatika ya arhamar rahimin wal hamdulillahi rabbil alamin.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisimu, yang mengharap ampunanmu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan ketentuanmu, mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagi sutra, yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik.

Itulah anugerah dari allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan sahabat beliau. Berkat rahmatmu, wahai yang paling paling penyayang diantara yang penyayang. Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam."

Sedangkan tata cara sholat tarawih 20 rakaat dan witir adalah sebagai berikut.

1. Membaca niat salat tarawih dalam hati

2. Takbiratul ihram

3. Baca ta\'awudz dan Surat Al-Fatihah

4. Lanjutkan dengan membaca salah satu surat Alquran

5. Rukuk

6. Itidal

7. Sujud pertama

8. Duduk di antara dua sujud

9. Sujud kedua

10. Duduk istirahat atau duduk sejenak sebelum bangkit untuk mengerjakan rakaat kedua

11. Bangkit dari duduk, lalu mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan yang sama dengan rakaat pertama

12. Salam pada rakaat kedua

13. Ulangi gerakan yang sama hingga tiga kali atau 10 rakaat

14. Istighfar dan dianjurkan membaca doa kamilin setelah selesai sholat tarawih

15. Sholat tarawih dapat dilanjutkan dengan sholat witir sebanyak 3 rakaat. Salat ini, boleh dikerjakan dengan formasi 3 rakaat diakhiri salam, atau 2 rakaat dan 1 rakaat masing-masing diakhiri salam.

Topik Menarik