Ini yang Terjadi Jika Minum dari Gelas yang Sama Berulang Kali Tak Dicuci

Ini yang Terjadi Jika Minum dari Gelas yang Sama Berulang Kali Tak Dicuci

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 24 Maret 2023 - 09:14
share

SEBAGIAN orang ada yang sering minum dari gelas yang sama, selama berhari-hari tanpa dicuci.

Biasanya kebiasaan seperti ini dipicu oleh pemikiran bahwa gelas tersebut diisi oleh air mineral saja, sehingga tak dianggap akan mengotori gelas tersebut, meski dipakai berulang kali.

Jika Anda termasuk orang yang berpikiran demikian, hati-hati karena nyatanya tidak demikian. Sebab kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya ini dapat membahayakan kesehatan.

Kebiasaan minum (meski air mineral) dari gelas yang sama berulang kali, selama misalnya seminggu berturut-turut tanpa dicuci ini rentan membuat seseorang terkena bakteri berbahaya dan meningkatkan risiko penyakit, karena bakteri akan mulai tumbuh di permukaannya, dilansir dari Times of India, Jumat (24/3/2023).

Tahukah Anda, meski diisi ulang dengan air bersih, bakteri tetap bisa berkembang biak dengan cepat pada gelas yang tidak dicuci tersebut dan menjadi berbahaya bagi kesehatan.

Sebagai pengingat, mencuci gelas tidak boleh hanya dengan air. Sebab, supaya bisa menghilangkan bakteri berbahaya, harus dicuci menggunakan sabun dan air mengalir. Tanpa sabun dan air, maka bakteri akan terus berkembang biak dan berkembang biak. Seiring waktu, bakteri dapat membuat koloni yang disebut "biofilm".

Sama halnya dengan membiarkan segelas air di gelas yang tak tertutup alias dengan udara terbuka. Air yang akhirnya akan diminum tersebut bisa terpapar bakteri di udara dari partikel debu atau sumber lain di sekitar gelas. Maka dari itu, gelas atau botol air harus ditutup dengan penutupnya sebagai pelindung dari paparan bakteri di udara.

Topik Menarik