Mario Flexing Terjadi karena Gaya Hidup Hedonisme, Psikolog: Jiwanya Kelelahan

Mario Flexing Terjadi karena Gaya Hidup Hedonisme, Psikolog: Jiwanya Kelelahan

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 3 Maret 2023 - 16:36
share

KASUS pemukulan Mario terhadap David memang menjadi headline bukan hanya di media massa, tapi juga di media sosial. Mario yang merupakan anak pejabat tersebut memang membuat banyak orang kesal, sehingga banyak netizen mencari-cari data pribadinya.

Netizen pun banyak yang menguliti kehidupan bukan hanya Mario, tapi juga keluarganya. Dari situ, diketahui bahwa Mario memiliki kecenderungan suka pamer di media sosial.

Memang kebiasaan pamer di media sosial bukan hanya terjadi di Mario, tapi juga banyak orang yang bermedsos. Lantas, apa sih yang menyebabkan orang pamer di medsos atau yang biasa disebut dengan flexing.

Mario

Psikolog dan Dosen dari Universitas Gajah Mada (UGM), Novi Poespita Candra mengatakan bahwa kebiasaan orang yang memamerkan kehidupan mewah cenderung memiliki perasaan jiwa yang sedang tidak baik dalam kesehariannya.

"Orang yang senang hidup bermewah-mewahan menganut hedonism yaitu hidup mengejar pleasure atau kesenangan. Hedonism ini muncul karena biasanya ingin mengurangi rasa sakit (pain) dalam jiwanya misal rasa kelelahan jiwa, kehilangan makna hidup, rasa bersalah dan lain-lain yang muncul," kata Novi seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia, kebiasaan hidup bermewah-mewahan yang biasa dipamerkan ke hadapan banyak orang melalui berbagai platform media sosial pribadi, akan semakin melekat ketika menemukan lingkungan yang sesuai.

"Jadi selain gaya hidup karena cara berpikir, maka lingkungan dia yang \'sama\' membuat perilaku hedonism ini semakin menguat. Dalam teori behavioristik, adanya reinforcement positif dari lingkungan akan memperkuat sebuah perilaku," ucap dia.

Sekadar informasi, Mario anak dari Rafael Alun Trisambodo mantan pejabat pajak Eselon III Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan ini ternyata hobi mengendarai motor gede merek Harley dan mobil Jeep Rubicon.

Deretan kendaraan mewah yang ia pakai itu dijadikan konten melalui akun TikToknya. Saat ini, konten tersebut sudah ia hapus dari akun tersebut. Meski begitu, pemilik akun Twitter ini telah menyimpan unggahan berisikan kendaraan mewah dari akun TikTok Dandy.

Dalam unggahan tersebut, Dandy terlihat banyak membagikan video saat ia mengendarai motor dan mobil mewah tersebut.Hingga saat ini, unggahan Twitter mengenai isi akun TikTok Dandy tersebut telah tayang sebanyak 1,6 juta kali dan disukai 3.857 pengguna.

Topik Menarik