Transjakarta Bakal Tambah Bus Khusus Wanita Untuk Cegah Pelecehan Seksual

Transjakarta Bakal Tambah Bus Khusus Wanita Untuk Cegah Pelecehan Seksual

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 2 Maret 2023 - 15:39
share

AKURAT.CO Transjakarta berkomitmen dalam menjamin keamanan dan kenyamanan pelanggan dengan menjangkau Bus Khusus Wanita (BKW) yang semakin luas.

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menambah 20 armada bus pink yang di khususkan untuk penumpang wanita. Penambahan bus pink tersebut bertujuan meninimalisir dan mencegah aksi pelecehan seksual.

Selain itu diharapkan agar penumpang wanita dapat menikmati layanan Transjakarta dengan merasa aman dan nyaman.

Penambahan armada bus pink akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap awal, sebanyak 15 armada bus pink sudah mulai beroperasi pada Senin (27/2/2023) melayani 5 koridor, yaitu:

Rencananya pada tahap selanjutnya, Transjakarta akan menambah 5 unit armada bus pink pada Maret mendatang dengan jangkauan 7 rute. Sehingga, total armada bus pink ada 20 unit.

Bus pink beroperasi mulai pukul 05.00-22.00 WIB dengan tarif reguler yang sama yaitu sebesar Rp 3.500.

Transjakarta juga turut memperkuat sistem keamanan di semua lini pelayanan. Saat ini, seluruh armada bus telah dilengkapi CCTV serta menempatkan personel keamanan di halte dan di dalam bus.

Sedangkan pada armada bus reguler, Transjakarta juga memiliki ruangan khusus wanita serta dilengkapi kamera pengawas (CCTV) yang menjamin keamanan dan kenyamanan pelanggan.

Bus khusus wanita

Dilansir dari situs resmi Transjakarta, Kamis (2/3/2023) bus khusus wanita ini sebenarnya sudah ada sejak pertama kali diresmikan pada (21/42016) bertepatan dengan hari Kartini.

Transjakarta meluncurkan 2 bus dengan desain yang khusus diperuntukkan bagi pelanggan wanita Transjakarta beroperasi di koridor 1. Sesuai dengan namanya, bus tersebut hanya bisa dinaiki oleh pengguna perempuan saja, dan bus tersebut dikemudikan oleh pramudi perempuan.

Lalu pada tanggal 19 Oktober 2016, Transjakarta meluncurkan 116 armada barunya di Monas dan Balai Kota, di antaranya terdapat penambahan 10 armada bus wanita, dioperasikan di rute-rute yang berbeda.

Kabarnya bus khusus wanita ini sempat vakum selama masa pandemi dan kembali beroperasi pada Senin (25/72022).

Sebelum ada bus khusus wanita memang seluruh Transjakarta sudah terdapat Area Khusus Wanita (AKW), namun dianggap belum efektif mengurangi tingkat pelecehan terhadap wanita.

Oleh karena itu, dengan hadirnya bus khusus wanita ini diharapkan pelecehan terhadap wanita dapat menurun dan kenyamanan bagi wanita semakin baik.

Topik Menarik