Deretan Kebiasaan yang Tanpa Sadar Perburuk Kondisi Jerawat

Deretan Kebiasaan yang Tanpa Sadar Perburuk Kondisi Jerawat

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 2 Maret 2023 - 15:40
share

JERAWAT memang menjadi salah satu masalah kulit yang paling sering menyerang orang. Biasanya, jerawat memang terjadi karena penyumbatan pada kulit wajah akibat debu atau polusi, tapi tidak jarang jerawat juga terjadi lantaran faktor hormonal.

Tidak heran, jika para perempuan sering kali mengalami jerawat. Apalagi, ketika terjadi lonjakan hormon seks (androgen) yang membuat kelenjar minyak di wajah menjadi lebih aktif.

Akibatnya, wajah menghasilkan sebum terlalu banyak dan mengakibatkan pori-pori gampang tersumbat. Ditambah lagi, dengan menempelnya debu, kotoran, dan bahkan bakteri akan menimbulkan reaksi peradangan pada kulit yang kemudian menjadi jerawat.

Acne vulgaris atau jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang paling sering kita temukan di praktek. 47 sampai 90 persen remaja dan dewasa muda di dunia pernah bermasalah dengan jerawat," jelas dr Dian Pratiwi, Sp.KK, FINSDV, FAADV, CCA dalam keterangan tertulisnya.

Jerawat

"Jerawat membutuhkan terapi jangka panjang yang mungkin bisa mencapai tahunan dan terkadang memiliki dampak yang signifikan pada psikologis hingga kualitas hidup pasien, karena itu penanganan jerawat harus secara personal dan berfokus pada pasien," tambahnya.

Dokter Kulit dan Kelamin Erha Derma Center Kemanggisan ini menyebut, ketika bicara tentang kulit sehat bukan saja tentang skin barrier tetapi juga sistem imun kulit yang baik dan juga mikrobioma yang seimbang.

"Kulit yang tidak sehat sedikitnya mengalami gangguan satu dari tiga pertahanan kulit. Mikrobioma yang tidak seimbang bisa menyebabkan beberapa penyakit kulit termasuk tentunya acne atau jerawat," kata dr Dian.

Nah, berikut adalah beberapa kebiasaan yang membuat jerawat sulit sembuh.

Jangan malas cuci muka

Cuci muka dengan lembut hingga dua kali sehari dan setelah berkeringat. Pilih pembersih yang lembut dan tidak abrasif. Oleskan dengan ujung jari Anda, karena menggosok dengan waslap, spons, dan alat lain dapat mengiritasi kulit Anda.

Tepat memilih perawatan kulit

Gunakan produk perawatan kulit yang lembut dan yang bertuliskan "bebas alkohol" pada label. Hindari produk yang dapat mengiritasi kulit Anda, termasuk astringent, toner, dan exfoliant. Produk-produk ini dapat mengeringkan kulit Anda dan memperburuk jerawat.

Tangan jangan \'gatel\' sentuh wajah

Menyentuh wajah terlalu sering memungkinkan tumbuhnya jerawat dan dapat menyebabkan jerawat membandel. Meskipun Anda mungkin memiliki keinginan untuk memencet jerawat, hal itu akan membuat jerawat membutuhkan waktu lebih lama untuk dibersihkan dan meningkatkan risiko hiperpigmentasi pasca inflamasi.

Jangan terlalu sering terpapar sinar matahari dan tanning bed

Pilih tabir surya"non-comedogenic" atau "tidak akan menyumbat pori-pori". Jerawat membutuhkan waktu untuk dibersihkan. Perlu perhatian ekstra dan perawatan yang intens untuk membersihkan jerawat pada wajah.

Keramas secara teratur

Minyak dari rambut dapat menyebabkan jerawat di dahi. Jika Anda memiliki rambut berminyak, keramaslah lebih sering daripada yang dilakukan sekarang dan jauhkan rambut dari wajah Anda.

Topik Menarik