7 Makanan Penyebab Kanker Payudara, Nomor 5 Dikonsumsi Setiap Hari

7 Makanan Penyebab Kanker Payudara, Nomor 5 Dikonsumsi Setiap Hari

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 7 Februari 2023 - 23:32
share

JAKARTA Makanan penyebab kanker payudara sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Menurut Breastcancer.org, diet memainkan peran besar dalam menurunkan atau meningkatkan risiko mengembangkan jenis kanker tertentu.

Selain itu, setiap makanan yang dikonsumsi bertanggung jawab atas sekitar 30 persen - 40 persen dari semua jenis kanker, termasuk kanker payudara. Karena itu, penting untuk mengonsumi makana sehat.

Meskipun ada banyak faktor penyebab kanker payudara yang tidak bisa dikendalikan, seperti genetika, riwayat keluarga, dan usia, tapi ada beberapa yang dapat dikendalikan. Seperti makanan yang dimakan dan kebiasaan gaya hidup lainnya.

Berikut daftar makanan penyebab kanker payudara dilansir dari Her Scan, Selasa (7/2/2023).

1. Daging Olahan

Daging olahan seperti yang telah diawetkan dengan cara diasap, diasinkan, atau ditambahkan bahan kimia bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Saat daging dimasak atau diproses menggunakan suhu tinggi, bahan kimia bernama heterosiklik amina (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dapat menyebabkan kanker.

2. Alkohol

Minum alkohol dapat mengganggu fungsi kekebalan, sehingga sulit bagi tubuh untuk menargetkan sel-sel prakanker dan kanker. Pada wanita, alkohol meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Hal ini terkait risiko lebih tinggi untuk kanker payudara reseptor estrogen-positif.

3. Makanan Dibakar

Mengonsumsi makanan dibakar seperti daging bisa menyebabkan kanker, terutama bila dilakukan di atas api tinggi dan dalam waktu lama. Pasalnya, pembakaran daging memicu terbentuknya senyawa heterocyclic amine (HCA) dan policyclic aromatic hydrocarbon (PAH), sebagai zat karsinogen penyebab berkembangnya kanker.

Makanan yang diolah dengan pestisida, dan herbisida dapat mengandung residu yang membahayakan tubuh jika dikonsumsi. Ada sejumlah penelitian mengaitkan pestisida tertentu dengan kanker, termasuk asam diklorofenoksiasetat, yang masih digunakan sampai sekarang. Kandungan pestisida ini adalah pengganggu endokrin yang bisa meniru estrogen dan telah dikaitkan dengan kanker.

5. Gorengan

Sebuah penelitian terhadap 620 wanita di bawah usia 50 tahun menyimpulkan bahwa konsumsi makanan yang digoreng menjadi penyebab mereka terkena kanker payudara.

6. Makanan Manis

Makanan dan minuman manis bisa meningkatkan berat badan seseorang. Sehingga kondisi ini bisa meningkatkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara.

Makanan mentah seperti telur mentah, tidak dianjurkan bagi penderita kanker termasuk kanker serviks dan payudara. Telur yang tidak dimasak dengan benar dapat mengandung bakteri salmonell yang adapat menyebabkan infeksi dengan gejala sama seperti dari produk susu yang terkontaminasi.

(dra)

Topik Menarik