Prosesor Fabrikasi 6 nm Jadikan Baterai Lebih Tahan Lama

Prosesor Fabrikasi 6 nm Jadikan Baterai Lebih Tahan Lama

Gaya Hidup | koran-jakarta.com | Senin, 6 Februari 2023 - 19:40
share

JAKARTA - Ketika pertama kali diperkenalkan di Indonesia, Poco seri X menarik minat generasi muda untuk memilikinya. Salah satu daya tariknya ponsel seri ini mampu memainkan game jenis ekstrem dengan lancar.

Menurut Head of Marketing Poco Indonesia Andi Renreng, mengatakan, pada awal tahun ini Poco akan segera meluncurkan seri ponsel Poco X5 5G. Kali ini kinerjanya ditingkatkan dengan bekal prosesor baru yaitu Snapdragon 695 5G. Dengan modal ini ia menyatakan siap membuktikan langkahnya dalam mendobrak pasar pada Februari 2023 ini.

Prosesor Snapdragon 695 5G kata Andi merupakan chipset dengan CPU Qualcomm Kryo 660 yang punya kecepatan hingga 2,2 GHz dan fabrikasi 6 nm (nanometer). N m merupakan satuan ukuran dari prosesor, semakin kecil ukuran maka semakin efisien pula kinerja prosesor.

"Prosesor Snapdragon 695 5G telah teruji dapat menghasilkan performa yang lebih gahar, stabil, dan efisien. Bahkan kemampuan GPU Adreno 619 pada Snapdragon 695 5G yang mana merupakan penyempurnaan dari pada Adreno 618 milik Snapdragon 732 G, menjadikan Poco X5 5G mampu menghasilkan grafis yang lebih smooth meski setingan game rata kanan," kata dia melalui konferensi pers virtual Senin (6/2).

Poco X5 5G juga telah mendukung memori LPDDR4x dengan frekuensi hingga 2133MHz, dengan bandwidth yang lebih tinggi hingga 17 Gbit per detiks. Kinerja yang dihasilkan bahkan lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 732G yang mendukung memory 1866 MHz dengan maksimum bandwidth 14,9 Gigabit per detik.

Dan dengan RAM up to 13 GB, Poco X5 5G bakal mudah melibas game-game favorit kayak Mobile Legend, PUBG, Valorant, bahkan game berat kaya Genshin Impact sekalipun. Tidak hanya itu, karena kapasitas RAM yang besar, membuat Poco X5 5G bisa mengikuti keinginan pengguna dalam bermain game sambil membuka banyak aplikasi sekalipun.

Disamping performa ekstrem yang super ngebut, secara keseluruhan Poco X5 5G jadi tambah ekstrem karena sudah dilengkapi dengan teknologi jaringan 5G melalui modem Snapdragon X51. Jelas keuntungan dari jaringan 5G adalah tingkat latensi yang jadi lebih rendah, dan sangat terasa ketika mengunduh maupun mengunggah file berukuran besar, maupun saat bermain game.

"Singkatnya, latensi rendah membuat nggak ada jeda waktu pada saat transmisi data dari pengirim menuju ke penerima, sehingga respon pergerakan saat main game juga semakin meningkat, dan nggak ada jeda," kata Andi

Poco X5 5G yang ditenagai oleh Snapdragon 695 5G mampu menghasilkan score AnTuTu sebesar 404.767. Skor ini bahkan lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 732 dengan 364.802. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan ponsel ini dalam kecepatan konektivitas, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan Bluetooth 5.2, mengirim file, foto, maupun video, menjadisemakin gampang.

Menurut Senior Manager Marketing Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto menjelaskan prosesor Snapdragon 695 5G dengan fabrikasi 6 nm seperti yang ada pada Poco X5 5G merupakan prosesor generasi baru yang meluncur pada 2022 lalu.

"Keunggulan fabrikasi 6 nm dibandingkan 7 nm membuat ponsel menjadi lebih gesit, lebih kencang dan lebih hemat energi lagi. Baterainya bisa bertahan lebih lama sehingga bisa streaming lebih lama, main game lebih lama nelpon lebih lama," kata dia.

Topik Menarik