Mengenal Perayaan Cap Go Meh yang Jatuh 15 Hari Setelah Imlek

Mengenal Perayaan Cap Go Meh yang Jatuh 15 Hari Setelah Imlek

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 5 Februari 2023 - 10:49
share

PERAYAAN Cap Go Meh ini bisasanya dilakukan 15-30 hari setelah tahun baru Imlek. Sama seperti perayaan Imlek, umat Tionghoa akan memanfaatkan momen ini sebagai acara kumpul keluarga dan berdoa.

Cap Go Meh juga menandai hari terakhir Tahun Baru Imlek atau Imlek. Festival ini berarti "malam ke-15", oleh karena itu dirayakan 15 hari setelah Imlek, saat bulan purnama berada pada titik paling terang.

Selama Cap Go Meh, keluarga berkumpul untuk makan besar, salah satunya menyantap Yuan Xiao (bola nasi ketan) diterangi dengan indah dengan lentera merah. Di kuil selama Cap Goh Meh, orang berdoa kepada Dewa Kemakmuran untuk memberkati keluarga mereka dengan keberuntungan di tahun mendatang.

Perayaan Cap Go Meh

Secara tradisional, hari itu diselingi oleh suara balada cinta yang disebut Dondang Sayang yang dinyanyikan di jalan dengan instrumen biola, dua gendang, dan gong. Selain itu, adapula tradisi melempar jeruk berasal dari Penang.

Jika kamu mengunjungi Esplanade di Penang ada kompetisi di mana anak laki-laki di perahu diharuskan untuk meraup jeruk yang dibuang ke laut oleh anak perempuan, dan perahu dengan jeruk paling banyak memenangkan kompetisi tersebut. Kegiatan seperti ini dilakukan untuk menjaga tradisi tetap hidup.

Bagi orang Tionghoa-Indonesia, tradisi sama pentingnya dengan Imlek. Kota-kota besar di Indonesia merayakan kesempatan itu dengan meriah. Di Indonesia sendiri, perayaan Cap Go Meh akan menghadirkan banyak acara seru sesuai dengan tradisi dj kota masing-masing.

Festival ini biasanya meliputi pertunjukan Barongsai (barongsai), parade lampion, dan festival makanan lezat. Secara tradisional, orang Tionghoa-Indonesia akan merayakannya dengan penuh suka cita.

Di tahun 2023 ini, perayaan Cap Go Meh jatuh pada 5 Februari 2023. Tanggal tersebut tepat dengan tanggal ke-15 bulan pertama di Tahun Baru Cina.

Salah satu yang begitu terkenal dengan perayaan Cap Go Meh ialah sajian kuliernya yang penuh makna, Lontong Cap Go Meh. Makanan ini biasa disajikan khusus tepat pada perayaan tersebut.

Lontong Cap Go Meh sendiri memiliki makna yang dalam dan berarti keberuntungan. Masakan yang disajikan di mangkuk dan penuh itu melambangkan rezeki yang akan terus mengalir.

Topik Menarik