Makanan Pemicu Kanker Payudara, Waspada Susu Tinggi Lemak dan Protein Olahan

Makanan Pemicu Kanker Payudara, Waspada Susu Tinggi Lemak dan Protein Olahan

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 2 Februari 2023 - 11:15
share

JAKARTA, celebrities.id - Nunung divonis kanker payudara. Hal ini dia sampaikan di podcast Ruben Onsu. Nunung mengaku bahwa vonis ini adalah ujian yang cukup berat. Meski begitu, dia harus menjalaninya dengan tabah dan terus berjuang.

Dikabarkan, Nunung kini rutin melakukan pemeriksaan medis, termasuk biopsi dan cek darah untuk mengetahui seberapa serius kanker payudara yang dimilikinya dan apakah sudah menyebar ke bagian lain di tubuhnya.

Belajar dari Nunung yang divonis kanker payudara, masyarakat perlu paham bahwa ada beberapa makanan yang dapat memicu terbentuknya sel kanker di payudara. Apa saja?

Menurut laporan Kementerian Kesehatan, berikut lima makanan pemicu kanker payudara, dikutip MNC Portal, Kamis (2/2/2023):

Makanan pemicu kanker payudara

1. Daging merah yang dibakar

Steak atau sate punya efek yang kurang baik bagi kesehatan payudara Anda. Makanan ini diketahui dapat memicu terbentuknya sel kanker di payudara.

Tidak langsung memang, tapi konsumsi yang banyak dan dalam jangka panjang dapat memicu kanker payudara. Oleh karena itu, disarankan agar Anda membatasi konsumsi sate dan steak tak lebih dari 500 gram dalam seminggu.

"Makanan yang dibakar kemungkinan besar akan membentuk heterocyclic amines (HCAs). HCAs ditengarai berpotensi menyebabkan kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kolon, dan kanker prostat," tulis laman Kemenkes.

2. Alkohol

Beberapa studi telah membuktikan bahwa konsumsi alkohol meningkatkan risiko wanita terhadap kanker payudara.

"Batas aman minum alkohol adalah segelas sehari. Lebih dari itu, risiko Anda terkena kanker payudara naik 11 persen dari setiap gelas alkohol yang diminum," tulis laporan tersebut.

3. Gula

Mengonsumsi terlalu banyak gula akan menaikkan level insulin. Berdasarkan riset, insulin adalah promotor utama pertumbuhan tumor. Ketika insulin dalam darah levelnya tinggi, itu bisa meningkatkan kadar sirkulasi estrogen bebas.

4. Susu tinggi lemak dan protein olahan

Beberapa penelitian menjelaskan, orang yang mengonsumsi susu dan keju tinggi lemak memiliki risiko terkena kanker lebih tinggi.

Para peneliti memperkirakan, hal tersebut berkaitan dengan estrogen. Hormon ini larut dalam lemak, sehingga ditemukan dengan konsentrasi yang lebih tinggi dalam susu tinggi lemak, dibanding susu rendah lemak.

Beberapa jenis kanker payudara memiliki reseptor estrogen dan diberi makan oleh estrogen.

5. Daging yang sudah diproses

Para peneliti menemukan bahwa bahan yang digunakan sebagai pengawet yang ada pada daging yang sudah diproses seperti sosis, ham, dan bacon bermetamorfosis menjadi bahan penyebab kanker ketika berada dalam tubuh.

"Jadi, tahan keinginan Anda untuk makan hotdog. Bila sudah tak tahan, makan daging yang sudah diproses hanya pada acara-acara spesial, ya," tulisnya.

Topik Menarik