Komet Hijau Akan Melintasi Bumi Malam Ini, Fenomena yang Terjadi Hanya 50 Ribu Tahun Sekali

Komet Hijau Akan Melintasi Bumi Malam Ini, Fenomena yang Terjadi Hanya 50 Ribu Tahun Sekali

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 1 Februari 2023 - 18:45
share

JAKARTA - Komet Hijau akan melintas dekat bumi malam ini. Bahkan komet ini dapat diamati tanpa menggunakan alat bantu optik.

Komet Hijau ini bernama asli C/2022 E3 (ZTF), ZTF sendiri berasal dari singkatan Zwicky Transient Facility yang merupakan nama dari sebuah fasilitas pengamatan astronomis dengan medan pandang yang lebar dan menggunakan kamera yang terhubung dengan teleskop Samuel Oschin di Observatorium Palomar, California, Amerika Serikat.

Dikutip dari laman Edusainsa BRIN, komet ini hanya mleintas satu kali dalam seumur hidup karena orbitnya berbentuk hiperbola.

Orbit hiperbola adalah orbit yang punya nilai kelonjongan atau eksentrisitas lebih besar dari satu, sehingga membentuk kurva terbuka di kedua titik fokusnya.

Komet ini diperkirakan akan melintas di dekat bumi pada 2 Februari 2023 pukul 00.32 WIB/ 01.32 WITA/ 02.32 WIT pada jarak 42.472.000 km dari bumi.

Saat melintas dekat bumi, komet ini sudah dapat disaksikan di seluruh Indonesia sejak 1 Februari pukul 18.30 WIB hingga 2 Februari pukul 02.30 waktu setempat (zona waktu masing-masing).

Untuk DKI Jakarta dan sekitarnya, komet ini mencapai titik tertingginya pada pukul 21.53 WIB dengan ketinggian 11,9 derajat.

Saat mencapai titik terdekat, komet ini terlihat dari arah Utara dengan ketinggian 7,4 derajat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya.

Untuk wilayah Indonesia Timur, komet akan terbenam saat mencapai titik terdekat dengan Bumi.

Topik Menarik