Sesungguhnya, Lebih Aman Vape atau Rokok Biasa?

Sesungguhnya, Lebih Aman Vape atau Rokok Biasa?

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 30 Januari 2023 - 17:25
share

SELAMA ini banyak orang yang kecanduan merokok dan sudah menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Namun semakin ke sini, perokok pun mulai beralih dari rokok konvensional (biasa) ke rokok elektrik (Vape) karena dianggap lebih aman.

Ternyata rokok biasa dan vape sama bahayanya, karena keduanya memiliki bahan adiktif.

rokok

Menurut dr Erta Priadi Wirawijaya, Sp.JP, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, zat nikotin memberikan rasa ketagihan dan memicu jantung jadi lebih berdetak kencang.

"Walaupun mungkin studi jangka panjangnya saat ini belum ada, tapi tetap mengandung zat-zat adiktif bisa membuat orang kecanduan, bisa membuat jantung berdetak lebih kencang dan mungkin aspek asapnya yang bau kayak gitu (beragam). Bau bisa dihilangkan tapi dia mengandung zat-zat adiktif yang bisa berdampak buruk untuk jantung, ini pengalaman saya sendiri," kata dr Erta dalam Webinar.

"Masuknya (dihisap) itu banyak banget jangan-jangan dalam suatu waktu itu jumlah nikotin masuk ke dalam tubuh orangnya itu bisa jauh lebih banyak, dibandingkan rokok biasa gitu. Nah mungkin perlu dievaluasi jangka panjang efeknya itu gimana, tapi kalau buat saya sendiri percaya ini juga sama bahaya bahkan bisa lebih berbahaya," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dr Muhammad Fajri AddaI sebagai dokter relawan Covid-19 dan edukator kesehatan mengatakan, ada bukti dari bahayanya rokok elektrik (Vape) sudah disebutkan berbagai literatur, yang ternyata bahaya bisa sebabkan gangguan/serangan jantung bahkan paru-paru bolong.

Melansir dari American College of Cardiology bahwa ada penelitian baru menunjukkan bahwa orang dewasa yang melaporkan merokok elektrik, atau vaping, secara signifikan lebih mungkin mengalami serangan jantung, penyakit arteri koroner, dan depresi dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakannya atau produk tembakau apa pun.

"Jadi kalau ada anggapan rokok vape lebih aman dari rokok biasa itu tidak benar ya. Sebab sudah banyak literatur yang mengatakan bisa menyebabkan paru-paru bolong," ucap Dr Fajri.

Sekadar informasi, diketahui juga dalam studi yang menemukan bahwa dibandingkan dengan bukan pengguna, pengguna rokok elektrik (vape) 56 persen lebih mungkin mengalami serangan jantung dan 30 persen lebih mungkin menderita stroke.

Topik Menarik