Temuan Kolasse: Mayoritas Warga Jogja Jagokan Pasangan Ganjar-RK

Temuan Kolasse: Mayoritas Warga Jogja Jagokan Pasangan Ganjar-RK

Gaya Hidup | mojok.co | Jum'at, 30 Desember 2022 - 00:16
share

MOJOK.CO - Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil (RK) menjadi pasangan yang dijagokan warga Jogja sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia k e depan . Elektabilitas p asangan ini unggul dibanding kandidat lain jika p emilu diadakan hari ini .

Temuan tersebut didasarkan pada hasil survei lembaga Kolaborasi Strategis (Kolasse) berjudul Partisipasi Pemilih dan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Provinsi DIY, yang dirilis Kamis (29/12/2022). Survei ini melibatkan 484 responden, yang mayoritas adalah kelompok usia produktif (Gen Z, Gen Y, dan Gen X).

Dalam temuan Kolasse, ditunjukkan bahwa Gubernur Jawa Tengah ini meraih elektablitas sebesar 42,8 persen sebagai presiden. Perolehan ini jauh melampaui nama-nama populer lainnya, seperti Jokowi yang berada di urutan kedua dengan 10,9 persen, Prabowo Subianto (10,1 persen), hingga Anies Baswedan (5,2 persen).

Dalam simulasi sepuluh capres, bahkan nama Ganjar meraih elektabilitas 57,7 persen. Tingkat keterpilihan Ganjar semakin meroket ketika ia hanya ditandingkan dengan Prabowo dan Anies dalam simulasi tiga capres. Ia melenggang dengan elektabilitas sebesar 60,9 persen.

Sehingga, jika Pemilu diadakan hari ini, maka Ganjar Pranowo akan dipilih sebagai presiden oleh mayoritas warga Jogja, ujar COO Kolasse Satria Aji Imawan, saat memaparkan temuannya.

Hasil ini pun konsisten dengan temuan Kolasse bulan November lalu. Saat itu, Ganjar juga dijagokan sebagai presiden pilihan warga Jogja dengan elektablitas 46,6 persen.

Sementara Ridwan Kamil, meraih elektabilitas 9,4 persen sebagai cawapres. Ia hanya unggul tipis dari nama-nama lain seperti Sandiaga Uno bahkan Erick Thohir, yang disebut-sebut sebagai kandidiat terkuat sebagai cawapres.

Kendati hanya unggul tipis, nyatanya pasangan Ganjar-RK menjadi yang paling disukai oleh sebagian besar responden dengan nilai rata-rata 7,63. RK, lebih disukai ketimbang saat Ganjar dipasangkan dengan Prabowo (7,35), Sandiaga Uno (7,32), atau Erick Thohir (7,16).

Dari sepuluh kemungkinan pasangan calon presiden dan wakil presiden, kombinasi pasangan terkuat untuk Ganjar Pranowo ialah saat ia berpasangan dengan Ridwan Kamil, dengan rerata kesukaan 7,63, kata Satria.

Dengan demikian, Pasangan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil menjadi yang paling disukai para responden sambungnya.

Menurut Aji, aspek yang dijadikan pertimbangan warga Jogja untuk memilih pasangan capres dan cawapres mereka (Ganjar-RK) adalah karena rekam jejak pekerjaannya. Selain itu, aspek popularitas dan dianggap sebagai tokoh pembaharu (pemberi harapan) juga jadi pertimbangan lain.

Ketika warga masyarakat ditanya apa yang menjadi pertimbangan dalam memilih tokoh yang didukungnya, sebanyak 37,1 persen menjawab karena rekam jejak pekerjaan. Diikuti dengan alasan popularitas tokoh tersebut (14,5 persen), dianggap sebagai tokoh pembaharu (7 persen), dan mudahnya memahami penjelasan tokoh tersebut (6,6 persen), tukasnya.

Reporter: Ahmad Effendi
Editor: Purnawan Setyo Adi

BACA JUGA Head to Head Ganjar Pranowo Vs Anies Baswedan di Pemilu 2024

Topik Menarik