Presiden Jokowi Pasang Bleketepe di Rumah Solo, Erina Hias Kamar Pengantin

Presiden Jokowi Pasang Bleketepe di Rumah Solo, Erina Hias Kamar Pengantin

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 9 Desember 2022 - 10:54
share

PRESIDEN Jokowi sudah memasang bleketepe di kediaman pribadinya di Sumber, Solo. Prosesi ini menandakan bahwa pernikahan Kaesang dan Erina resmi dimulai.

Bleketepe dipasang selain sebagai simbol dimulainya hajatan juga diharapkan bisa menjauhkan dari segala bentuk niat buruk jelang pernikahan esok hari, Sabtu (10/12/2022).

Jokowi Pasang Bleketepe

Prosesi bleketepe di rangkaian pernikahan Kaesang tidak jauh berbeda dengan Kahiyang dulu. Jadi, Presiden Jokowi memasang anyaman yang terbuat dari daun kelapa muda di atas pintu masuk rumah.

Secara perlahan Jokowi menaiki anak tangga dan kemudian memasang bleketepe tersebut. Kemudian, disusul Iriana Jokowi merias hasil tani yang ada di pinggir pintu rumah, termasuk memajang padi di atas sesisir pisang.

Jokowi

Lalu, beranjak ke sebelahnya yaitu menata semacam kelapa. Ini dimaksudkan agar mendatangkan rezeki juga kepada calon pengantin yang punya hajat.

Baik Jokowi maupun Iriana, mereka berdua mengenakan pakaian adat Jawa dengan warna yang sangat cerah. Motif bunga-bunga di kebaya Iriana tampak begitu manis. Ada di antara mereka juga Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Di sisi lain, di kediaman Erina ternyata telah berlangsung prosesi majang pasarean atau merias kamar pengantin wanita.

Di prosesi tersebut, hadir di tengah-tengah keluarga Erina dua wanita yaitu istri Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, dan juga istri dari Adipati Paku Alam X, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam.

Topik Menarik