Apa Saja Manfaat Nangka untuk Ibu Hamil? Nomor 4 Tak Disangka

Apa Saja Manfaat Nangka untuk Ibu Hamil? Nomor 4 Tak Disangka

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 22:36
share

JAKARTA Manfaat nangka untuk ibu hamil sangat beragam. Karena kandungan nutrisinya yang kaya, nangka menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang tak disangka-sangka.

Nangka lebih tinggi dalam beberapa vitamin dan mineral daripada buah apel, aprikot, pisang, dan alpukat. Misalnya, kaya vitamin C dan salah satu dari sedikit buah yang kaya vitamin B.

Nangka juga mengandung folat, niasin, riboflavin, potasium, dan magnesium. Karotenoid, pigmen yang memberi warna kuning pada nangka, kaya akan vitamin A. Seperti semua antioksidan, karotenoid melindungi sel dari kerusakan dan membantu tubuh bekerja dengan baik.

Sementara itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk janin. Karena itu, nangka bisa menjadi salah satu pilihan. Berikut manfaat nangka untuk ibu hamil dilansir dari My Little Moppet, Selasa (6/12/2022).

1. Mengontrol Gula Darah

Manfaat pertama dari nangka adalah mampu mengontrol gula darah pada ibu hamil dan mengurangi risiko preeklampsia. Sebab, nangka mengandung serat, protein, flavonoid dan banyak nutrisi lainnya yang baik untuk mendukung pengendalian gula darah.

Selain itu, buah berbau menyengat ini juga baik untuk mengatur tekanan darah. Namun, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak, terlebih jika ibu hamil mengidap diabetes.

2. Meningkatkan Imunitas

Imunitas yang menurun kerap kali terjadi pada wanita hamil. Untuk itu, mengonsumsi nangka bisa menjadi pilihan yang tepat.

Nangka mengandung vitamin A anti-inflamasi yang bisa meningkatkan perkembangan sel dan meningkatkan kekebalan. Nangka juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan tubuh.

Manfaat selanjutnya dari nangka adalah meredakan mual saat hamil. Hal itu sangat cocok terutama bagi para wanita yang memasuki awal kehamilan.

Mengonsumsi nangka juga dapat mengobati kelelahan, membantu kesehatan usus, memperkuat kekebalan tubuh hingga membantu perkembangan organ janin.

4. Menurunkan Berat Badan

Siapa sangka, manfaat mengonsumsi nangka selanjutnya adalah mampu menurunkan berat badan. Pasalnya, nangka rendah akan kalori dan kolesterol. Buah tersebut tentu menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin tetap langsing meski sedang berbadan dua.

5. Baik untuk Tulang dan Kulit

Satu lagi manfaat nangka bagi ibu hamil adalah untuk tulang dan kulit. Buah ini kaya akan vitamin C, serat, protein dan potasium yang baik untuk kesehatan tulang, kulit, dan rambut. Makan buah nangka juga bisa sebagai penambah energi bagi ibu hamil yang merasa lelah.

(dra)

Topik Menarik