Jawa Tengah Banyak Janda, di Kabupaten Ini Mudah Ditemui

Jawa Tengah Banyak Janda, di Kabupaten Ini Mudah Ditemui

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 19:08
share

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Janda ternyata di Jawa Tengah lumayan banyak. Namun di Jawa Tengah, lalu di daerah manakah penghasil janda terbanyak?

Nah, melansir laman resmi BPS Jawa Tengah, pada 2021 Kabupaten Cilacap menjadi wilayah dengan angka perceraian tertinggi di Jawa Tengah dengan total 5.912 kasus perceraian yang tercatat.

Artinya, Kabupaten Cilacap merupakan wilayah dengan jumlah janda terbanyak se- Jawa Tengah.

Dari data tersebut, paling banyak kasus perceraian terjadi karena faktor pertengkaran terus menerus sebanyak 2.420 kasus. Disusul faktor ekonomi hingga sebanyak 2.035 kasus.

Kemudian, faktor pemicu perceraian terbanyak di Cilacap adalah faktor ditinggal pergi oleh pasangan dengan jumlah 1.410 kasus.

Selain ketiga faktor tersebut, ada sejumlah faktor lainnya yang menyumbang angka perceraian di Cilacap. Di antaranya, zina, mabuk, judi, hukum penjara, poligami, KDRT, cacat badan, kawin paksa hingga murtad.

Adapun angka perceraian secara global untuk Provinsi Jawa Tengah sepanjang tahun 2021, sejumlah 75.509 kasus. Tertinggi Cilacap, sementara yang terendah adalah Kota Magelang dengan hanya 206 kasus perceraian selama 2021.

Topik Menarik