Mengenal Danau Minyak di Lampung, Terlihat Cantik saat Airnya Berubah Warna Merah

Mengenal Danau Minyak di Lampung, Terlihat Cantik saat Airnya Berubah Warna Merah

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 15:59
share

JAKARTA, iNews.id - Danau Minyak di Lampung selalu menarik untuk dijelajahi. Danau ini memang unik, karena akan terlihat indah saat malam hari.

Lampung memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik dan wajib dijelajahi. Selain lezat dan variatifnya oleh-oleh maupun kuliner, Lampung juga memiliki destinasi menarik untuk dijelajahi.

Jika Anda tengah berlibur ke Lampung, jangan pernah melewatkan wisata unik satu ini, yang disebut dengan Danau Minyak.

Penasaran ingin tahu seperti apa keunikan Danau Minyak di Lampung? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (6/11/2022).

Apa yang terlintas di benak Anda jika mendengar nama danau satu ini? Jika memikirkan danau yang dipenuhi oleh minyak hal tersebut tak sepenuhnya salah. Danau minyak merupakan salah satu danau yang terletak di area wisata Danau Suoh.

Danau Minyak terletak di Dusun Kalibata, Desa Sukamarga, Kecamatan Suoh yang berjarak sekitar 250 km dari Bandara Lampung dan sekitar 40 km dari kota Liwa. Ada empat Danau di sekitarnya. Danau Minyak memiliki jarak sekitar 300 meter karena jarak keempat danau ini tak terlalu jauh.

Keempat danau ini adalah Danau Suoh atau Danau Lebar, Danau Asam yang sesuai dengan kondisi air danau yang asam, Danau Belibis karena selalu dipenuhi oleh burung Belibis. Sedangkan Danau Minyak terdapat minyak di permukaan danau yang mengambang.

Danau Minyak memiliki luas kurang lebih 15 hektare. Dari keempat danau yang ada, kondisi Danau Minyak yang terlihat kotor. Meskipun demikian, banyak sekali wisatawan yang datang untuk melihat secara langsung penampakan dari Danau Minyak.

Keindahan dari danau unik satu ini akan terlihat jika cuaca dalam keadaan cerah. Karena Danau Minyak akan memunculkan warna yang memukau ketika ada cahaya yang memantul pada minyak. Warna merah adalah warna populer yang kerap kali terbentuk di danau ini. Bahkan, terkadang ada semburan gas alam yang memberikan visual seolah-olah danau tampak mendidih.

Di kawasan Danau Suoh lokasinya berada antara hutan lindung dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Di sekitar kawasan ini Anda akan menjumpai banyak lubang-lubang yang mengeluarkan gelembung dan memiliki aroma seperti belerang.

Tiket masuk Danau Minyak Suoh, Lampung

Tiket masuk untuk melihat danau unik satu ini adalah gratis. Anda bisa datang mulai pukul 08.00-18.00 waktu setempat. Jangan sampai melewatkan wisata satu ini, dan jika Anda ingin mengunjungi beberapa tempat di Lampung dalam satu hari penuh, Anda perlu membuat jadwal kunjungan pada tempat-tempat wisata tersebut agar tak terlewatkan.

Topik Menarik