5 Manfaat Olahraga Tenis untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Menyehatkan Mental Lho!

5 Manfaat Olahraga Tenis untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Menyehatkan Mental Lho!

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 20:55
share

JAKARTA, iNewsPandeglang.id- Melakukan olahraga yang rutin merupakansalah satu bentuk usaha untuk hidup sehat. Olahraga dapat membuat tubuh aktif bergerak, dan melonggarkan otot-otot yang tegang akibat beraktivitas seharian.

Salah satu macam olahraga, yaitu ada tenis, olahraga ini mendadak ramai menjadi tren di kalangan artis Tanah Air. Mulai dari Wulan Guritno, Yuni Shara, Enzy Storia, Dion Wiyoko, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, dan masih banyak lagi terlihat asyik menggeluti olahraga yang lekat dengan imej sebagai cabang olahraga favorit dari kaum old money.

Olahraga tenis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dari atas alias otak hingga ujung kaki. Tanpa perlu berlama-lama, dilansir dariWeb MD, Jumat (2/12/2022), yuk simak paparan manfaat kesehatan olahraga tenis untuk tubuh berikut ini.

1. Latihan seluruh tubuh: Tenis jadi jenis olahraga yang melatih seluruh bagian tubuh, karena harus berlari melintasi lapangan sehingga melatih otot kaki, inti tubuh jadi bergerak saat menjaga keseimbangan saat mengejar bola, bagian lengan memberikan kekuatan untuk menganyunkan raket dan memukul bola. Terakhir, kita juga meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, koordinasi, dan ketangkasan dengan bermain tenis.

2. Kesehatan otak: Berolahraga tenis secara teratur diketahui bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke otak, otot, dan organ. Ketika tubuh kita punya lebih banyak oksigen yang tersedia, maka bisa membuat kita jadi merasa tidak terlalu lelah dan kehabisan napas daripada yang seharusnya.

3. Hidup lebih lama: Tenis dikatakan dapat membantu seseorang untuk live longer alias hidup lebih lama. Merujuk pada suatu penelitian, menunjukkan bahwa orang yang bermain tenis sekitar tiga jam per minggu hidup rata-rata sembilan sampai sepuluh tahun lebih lama daripada orang yang tidak banyak bergerak dalam hidupnya loh!

4. Turunkan berat badan: Nah manfaat satu ini pasti dikejar banyak orang, terutama kaum wanita. Tahukah Anda, karena olahraga tenis adalah tipe olahraga yang sangat aktif maka bisa membantu membakar kalori dari 400 hingga 600 per jamnya.

Tenis yang membuat pemainnya aktif bergerak, akhirnya juga sekalian membakar lemak tubuh. Pada saat yang bersamaan kita juga membangun otot tanpa lemak yang, pada akhirnya bisa bantu meningkatkan metabolisme tubuh. Begitu berat badan turun, olahraga tenis dengan teratur juga membuat kita bisa mempertahankan berat badan tersebut.

5. Menyehatkan mental: Kenapa? Karena tenis adalah olahraga yang membutuhkan pemikiran cepat dan reaksi cepat sepersekian detik. Makanya tubuh menciptakan koneksi baru antara saraf di otak, saat kita tetap waspada dan berpikir secara taktis. Akhirnya bisa membuat pikiran tetap tajam seiring bertambahnya usia.

Itulah deretan manfaat tenis untuk Kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Topik Menarik