Loading...
Loading…
Prewed Nggak Pakai Koteka, Kaesang Pangarep Dicap Apropriasi Budaya

Prewed Nggak Pakai Koteka, Kaesang Pangarep Dicap Apropriasi Budaya

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | NetralNews | Senin, 05 Desember 2022 - 21:01

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep sedang dimabuk cinta. Dia dan calon istri, Erina Gudono saling bergantian menandai dan mengunggah foto prewedding.

Nggak cuma satu atau dua foto, sampai berita ini dibuat, mereka berdua sudah membagikan 15 konsep foto. Belasan foto itu mengusung tema, pakaian, hingga lokasi yang berbeda-beda.

Salah satu yang menjadi sorotan, Kaesang dan Erina menggunakan pakaian beragam daerah. Beberapa diantaranya ada pakaian adat Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), Lampung, Dayak dan Gorontalo.

Baru-baru ini Kaesang bahkan membagikan foto prewedding dengan pakaian adat Papua. Tapi rupanya ada pihak yang komentari pakaian Kaesang, salah satunya karena tak menggunakan koteka.

Komentar itu secara tersirat disampaikan oleh Aktivis Hak Asasi Manusia, Veronica Koman. Menurutnya, tindakan Kaesang adalah bentuk apropriasi budaya.

"Contoh textbook apropriasi budaya: @kaesangp ga pernah bicara soal penderitaan Orang Papua, tau2 pake pakaian adat Papua, secara asal-asalan pula," cuit dia, Senin (5/12/2022).

Pernyataan itu disampaikan Veronica mengetahui informasi bahwa Noken yang dikenakan Kaesang seharusnya dipadukan dengan koteka bukan sali. Sali biasanya dikenakan kalangan perempuan.

Tak hanya dari Veronica, kontra juga disampaikan beberapa netizen. Ada yang klaim tindakan Kaesang berisiko memusnahkan budaya dan adat hingga ada yang menyeret nama presiden.

"Ini salah satu penghinaan, dan pemusnahan Budaya dan Adat Istiadat Wilayah setempat," kata netizen Yanto Hindom.

"Presiden jual tanah Papua, anak dan calon menantunya jual budaya Papua. Besok-besok cucu presiden jual darah dan gigi orang Papua," kata Alsa Papua

"Hal ini Melecehkan Budaya Orang Balim Karena Orang Balim Itu Laki-laki Biasanya Pakai KOTEKA dan Bukan Genakan Sali. Sali Itu digunakan untuk Kaum Hawa Perempuan Maka Orang Balim yg memegang Teguh nilai kebudayaan telah dilecehkan oleh Pemakai di Photo Ini," tegas Dano Anes Tabuni.

Di luar dari polemik tersebut, melalui unggahan mengenakan pakaian adat Papua, Kaesang tampak memuji kecantikan Erina. Menurut Kaesang, Erina selalu cantik mengenakan pakaian adat manapun.

"Pake pakaian adat apapun kok ya ayu (cantik) banget to kamu sayang @erinagudono," kata Kaesang yang unggah foto Erina gunakan pakaian adat Papua.

Di momen yang sama, masih mengenakan pakaian adat Papua, Kaesang tak hentinya memuji sang kekasih. Dia sebut Erina adalah seluruh hati dan rumahnya dalam wujud manusia.

"Semoga selalu bersama dan dicukupkan bersama-sama. Ata ama wamimi," tulis Kaesang menggunakan bahasa daerah Papua.

Di balik foto prewedding dengan adat Papua, Kaesang berkelakar dia harus menahan nafas. Salah satu alasannya karena berusaha agar tidak kelihatan gemuk. "Tahan napas supaya gak lemu," kata dia.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{