Simak 5 Tips Turunkan Kolesterol Tanpa Obat-obatan

Simak 5 Tips Turunkan Kolesterol Tanpa Obat-obatan

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 17:08
share

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas mengenai tips turunkan kolesterol tanpa obat-obatan. Menurunkan kolesterol tidak perlu selalu menggunakan obat-obatan, namun menurunkan kolesterol dapat dilakukan dengan cara alami yang mudah didapatkan.

Kolesterol merupakan lemak alami yang ada di dalam tubuh. Lemak ini diproduksi oleh organ hati. Dalam kadar normal, kolesterol berfungsi sebagai penjaga dinding sel tubuh agar tetap flesibel. Sedangkan pada kadar berlebih, kolesterol bisa memicu penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

Berikut adalah cara menurunkan kolesterol tanpa obat-obatan, seperti dilansir dari halodoc dan berbagai sumber.

Konsumsi makanan rendah lemak

Kunci utama untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak. Karena penyebab utama kolesterol adalah kandungan lemak yang tinggi, terutama lemak jenuh dan lemak trans. Untuk menggantinya, Anda bisa memilih salmon, mackerel, herring, dan lain sebagainya.

Banyak konsumsi serat

Mengkonsumsi serat bisa menjadi salah satu solusi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Karena serat larut bisa menyerap kolesterol ke dalam darah. Contoh makanan tinggi serat adalah oatmeal, kacang merah, apel, kubis, dan pir.

Mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal

Lemak tak jenuh tunggal bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kadar kolesterol baik. Anda bisa menemukan makanan dengan lemak tak jenuh dari minyak zaitun, minyak canola, kacang almond, alpukat, dan kacang mete.

Olahraga secara rutin

Makan makanan yang sehat tidak lengkap jika tidak diimbangi dengan olahraga. Karena aktivitas fisik seperti olahraga mampu membakar sisa lemak yang menyumbat aliran darah. Maka dari itu, usahakan untuk olahraga minimal 30 menit dalam satu hari.

Berhenti merokok dan berhenti minum alkohol

Rokok dan alkohol memilliki efek yang buruk bagi tubuh. Salah satunya adalah sistem kerja tubuh dalam menangani jumlah kolesterol dalam tubuh. Karena zat yang ada di dalam rokok serta alkohol mampu menyumbat arteri.

Nah itulah ulasan mengenai tips menurunkan kolesterol tanpa obat-obatan.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul 5 Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat, Dijamin Ampuh

Topik Menarik