BNPT Hadirkan Warung NKRI Jember, Ajak Pramuka Cegah Paham Terorisme

BNPT Hadirkan Warung NKRI Jember, Ajak Pramuka Cegah Paham Terorisme

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 15:36
share

JAKARTA Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) kembali menambah Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI). Kali ini Warung NKRI dihadirkan di City Forest and Farm Jember, Jawa Timur.

Pembentukan Warung NKRI yang pertama di Jember ini melibatkan Kwartir Pramuka Daerah Jatim, akademisi kampus di wilayah Jember, dan pemerintah daerah.

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengajak kepada Pramuka Jatim untuk proaktif meningkatkan kewaspadaan masyarakat, terutama anak muda terhadap propaganda yang destruktif melalui Warung NKRI.

"Pramuka ini menjadi sarana komunikasi bagi teman sebayanya dalam membangun kebinnekaan dan karakter ke-Indonesia-an. Ketahanan anak muda dan kewaspadaan kita harus ditingkatkan," ujar Boy Rafli saat peresmian Warung NKRI dan dialog kebangsaan tersebut.

Peresmian Warung NKRI Jember berlangsung Minggu 4 Desember 2022. Peresmian Warung NKRI Jember dihadiri Pj Sekda Kabupaten Jember Arief Tjahjono, Rektor UNEJ Iwan Taruna, Rektor UIN KHAS Jember Prof Babun Suharto, dan Rektor UNMUH Jember Hanafi.

Kemudian, Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jatim Hesti Armiwulan S, serta Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jatim Muhammad Arum Sabil.

Boy Rafli menekankan, keberadaan Warung NKRI Jember ini menjadi tempat untuk menggelorakan narasi kebangsaan guna mencegah paham terorisme. Mantan Kapolda Papua ini juga berharap kehadiran Warung NKRI Jember dapat merevitalisasi nilai Pancasila, memperkuat narasi positif di tengah maraknya disinformasi, serta mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat.

"Kita buka ruang publik dengan dialog-dialog kebangsaan. Semoga ini semakin membumikan suara emas kebangsaan yang harus kita lemparkan ke ruang publik di tengah distorsi informasi hari ini," tegas Boy Rafli dikutip Senin (5/12/2022).

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bakesbangpol Provinsi Jatim Eddy Supriyanto mengapresiasi program soft approach BNPT, khususnya di Provinsi Jatim. Menurutnya, Warung NKRI merupakan wujud inovasi pencegahan radikalisme dengan mengerahkan seluruh kekuatan negeri. "Kami mengapresiasi berdirinya Warung NKRI Jember, sebuah program soft approach dengan pemberdayaan ekonomi yang menjadi pelopor dalam mewujudkan revitalisasi nilai Pancasila," ujar Eddy.

Eddy berpendapat jika Warung NKRI merupakan inovasi pencegahan radikalisme dengan pelibatan peran serta semua pihak untuk bersama meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Warung NKRI merupakan salah satu program sinergisitas pencegahan terorisme yang dilakukan BNPT RI bersama pemerintah di level pusat dan daerah, akademisi, komunitas, media, dan pelaku usaha. Selain menjalankan fungsi warung, Warung NKRI juga akan menjadi ruang diskusi dan dialog terkait nilai-nilai kebangsaan.

(cip)

Topik Menarik