Kemoterapi Tak Efektif, Pele Dipindahkan ke Ruang Rawat Paliatif

Kemoterapi Tak Efektif, Pele Dipindahkan ke Ruang Rawat Paliatif

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 3 Desember 2022 - 23:02
share

SAO PAULO - Legenda sepak bola dunia, Pele, saat ini dikabarkan telah dipindahkan ke ruang paliatif atau perawatan akhir hayat. Pasalnya, pria berusia 82 tahun tersebut dikabarkan tidak responsif terhadap pengobatan kemoterapi yang dijalaninya.

Seperti diketahui, Pele sedang berjuang untuk melawan kanker usus yang dideritanya. Namun, pengobatan yang telah dijalaninya tidak membuahkan hasil memuaskan.

Dilansir dari Mirror, Sabtu (3/12/2022), Pele disebut juga mengalami pembengkakan dan gagal jantung. Oleh karena itu, dia dilarikan ke Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paulo, Brasil.

Sebagai informasi, ruang paliatif adalah sebuah tempat bagi seseorang penderita penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Perawatan yang dilakukan pun hanya bertujuan untuk meringankan atau menghilangkan rasa sakit semata.

Rumah Sakit Albert Einstein mengonfirmasi Pele telah didiagnosis dengan infeksi pernapasan yang membutuhkan antibiotik. Beruntung, kondisi mantan pemain Timnas Brasil itu disebut stabil.

Putri dari Pele, Kely Nascimento, sempat mengatakan pengobatan yang dijalani ayahnya tidak menjamin apapun. Dia akan terus mendampingi Pele untuk melewati masa-masa tersebut.

"Banyak peringatan di media hari ini mengenai kesehatan ayah saya. Dia berada di rumah sakit untuk mengatur pengobatan. Ada tidak ada prediksi darurat atau baru yang mengerikan," ujar Nascimento lewat media sosial, awal pekan ini.

"Saya akan berada di sana untuk Tahun Baru dan berjanji untuk mem- posting beberapa foto, imbuhnya.

Hingga saat ini, Pele dianggap sebagai salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa. Pria bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento itu mencetak 757 gol dalam 831 pertandingan selama kariernya pada 1957-1977.

Topik Menarik