Loading...
Loading…
Pasien TBC Jangan Buang Dahak Sembarangan, Ini Akibatnya!

Pasien TBC Jangan Buang Dahak Sembarangan, Ini Akibatnya!

Gaya Hidup | okezone | Kamis, 13 Agustus 2020 - 18:15

PASIEN TBC kebanyakan mengalami kondisi batuk berdahak. Ketika batuk, dahak akan keluar dan biasanya si pasien akan mengumpulkan dahaknya di tempat sampah atau wadah, yang disediakan di samping tempat tidurnya.

Menjadi hal penting di sini yang harus diketahui pasien TBC atau keluarga adalah ternyata dahak tidak boleh asal dibuang begitu saja. Meski Anda merasa menempatkan dahak di tisu sudah cukup, rupanya cara itu belum cukup baik dilakukan.

Diterangkan Ketua Perhimpunan Organisasi Pasien Tuberkulosis (POP TB) Indonesia Budi Hermawan, dahak pasien TBC itu berpotensi menyebarkan bakteri penyebab TBC itu sendiri. Karena itu, perlu diperhatikan sekali proses pembuangannya.

Saran yang bisa diberikan kepada para pasien TBC atau keluarganya ialah pastikan tempat pembuangan dahak itu bersih dan diberi karbol sebelumnya. Ya, bukan sekadar plastik, tetapi harus ada karbolnya.

"Itu penting, karena memastikan kuman yang ada di dalam dahak sudah mati terlebih dulu sebelum dibuang ke tempat pembuangan umum," terang Budi saat virtual konfrensi pers kampanye sosialisasi Ayo TOSS TBC yang diinisiasi PT Johnson and Johnson Indonesia dan juga Kementerian Kesehatan RI, Kamis (13/8/2020).

Original Source

Topik Menarik