Benarkah Alzheimer Penyakit Pikun? Kenali Penyebab dan Gejalanya

Benarkah Alzheimer Penyakit Pikun? Kenali Penyebab dan Gejalanya

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 2 Desember 2022 - 11:30
share

Seringkali jika mendengar kata alzheimer, yang teringat adalah penyakit seperti pikun. Apa saja penyebab dan gejala penyakit alzheimer ini? Yuk intip informasinya di bawah ini.

Penyakit Alzheimer adalah penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku. Masyarakat umum mungkin menyamakan alzheimer dengan pikun, padahal sebenarnya keduanya berbeda.

Penyebab Penyakit Alzheimer

Berdasarkan penelitian, para ahli memperkirakan alzheimer disebabkan karena penumpukan protein amiloid pada otak. Kondisi ini menjadikan otak tersumbat dan menurunkan tingkat kerjanya.

Selain itu, alzheimer juga dipengaruhi karena faktor lain seperti genetik dan pola hidup. Orang dengan down syindrome juga berpotensi terkena alzheimer karena ada kelainan genetik trisomi 21.

Gejala Penyakit Alzheimer

Salah satu gejala awal penyakit ini yaitu penurunan daya ingat dari penderitanya. Pada tahap awal, penderita bisa melupakan nama benda, percakapan, atau peristiwa yang baru saja terjadi.

Penderita alzheimer akan lambat laun kehilangan memorinya. Beberapa gejala yang terlihat seperti sering mengulangi pernyataan dan pertanyaan, melupakan obrolan dan janji pertemuan, hingga lupa meletakkan benda.

Penyakit ini bisa memburuk seiring waktu sehingga membuat penderitanya tidak mampu lagi melakukan pekerjaan sehari-hari, bahkan melupakan hal-hal yang harusnya diingat seperti nama, alamat, dan lain-lain. Pada tahap yang lebih parah, penderita bisa mengalami linglung atau cemas, serta selalu curiga terhadap orang lain.

Umumnya, orang yang terjangkit alzheimer berusia di atas 60 tahun, namun tidak menutup kemungkinan seseorang terkena alzheimer di usia muda. Beberapa kasus menunjukkan orang dengan usia 30 tahun ke bawah juga bisa terkena alzheimer.

Apakah Alzheimer Bisa Disembuhkan?

Penyakit alzheimer adalah salah satu penyakit yang mematikan karena prosentase kesembuhannya kecil. Sampai saat ini, alzheimer belum dapat disembuhkan secara total. Pengobatan yang dilakukan juga hanya bertujuan untuk memperlambat perkembangan penyakit.

Untuk mencegah alzheimer, kita harus menjaga pola hidup agar lebih sehat dan terhindar dari resiko penyakit. Caranya dengan rutin berolahraga, makan makanan yang bergizi, tidur yang cukup, dan mengelola stres.

Itulah penjelasan tentang penyakit alzheimer, penyebab dan gejalanya.

Topik Menarik