Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air Baterai Tanam, Coba Cara Ini Agar Hp Kamu Tidak Rusak

Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air Baterai Tanam, Coba Cara Ini Agar Hp Kamu Tidak Rusak

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 30 November 2022 - 16:32
share

Pengguna hp pasti pernah mengalami kecelakaan hp nya tercebur ke air , sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah yang kemungkinan bisa terjadi jika hp kemasukan air, salah satunya adalah mematikan dan melepas baterai kemudian dikeringkan. Masalahnya adalah saat ini kebanyakan hp keluar dengan model baterai tanam atau unibody, yang artinya proses pelepasan baterai tidak akan bisa dilakukan sembarangan. Lalu bagaimana caranya jika kamu punya hp dengan desain baterai tanam, simak cara mengatasi hp kemasukan air baterai tanam.

1. Langsung Matikan HP
Kalau hp kamu jatuh kedalam air, segera ambil dan matikan hp kamu agar tidak terjadi arus pendek yang bisa menyebabkan kerusakan pada mesin hp. Apalagi jika hp kamu sampai terjatuh di laut yang memiliki air asin, tentu kerusakan bisa terjadi lebih cepat karena sifat air laut yang korosif.

2. Lepas Sim Card dan Memory Card
Karena menggunakan baterai tanam, tentunya hanya ada dua komponen yang bisa dilepaskan yaitu sim card dan memory card. Keluarkan dua item tersebut dan biarkan rongga tempat masuk sim card dan memory card terbuka agar proses pengeringan lebih cepat.

3. Kibaskan HP
Kelemahan baterai tanam adalah tidak bisa membongkar dan mengeluarkan baterai, komponen yang paling besar kemungkinan membuat arus pendek yang menyebabkan papan pcb rusak. Kamu bisa mengeluarkan air dengan cara mengibaskan hp namun perlu diperhatikan cara ini juga beresiko membuat air menjadi menyebar ke bagian lain.

4. Keringkan HP dengan Lap yang Menyerap Air
Kalau mengibaskan hp terlalu beresiko, kamu bisa mengelapnya dengan kain kering yang bisa menyerap air dengan mudah. Bagian yang wajib dikeringkan adalah bagian LCD karena rawan rusak dan beberapa port konektor yang terbuka.

5. Gunakan Silika Gel
Setelah dikeringkan alangkah baiknya simpan HP di tempat khusus dan beri silika gel agar bisa menyerap kelembaban yang ada didalam hp, meskipun hp sudah kering namun bagian dalam hp tentu masih basah terlebih jika tercebur belum lama. Proses pengeringan ini tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena untuk memastikan hp benar-benar kering.

Topik Menarik