Dianugerahi Kewarganegaraan Albania

Dianugerahi Kewarganegaraan Albania

Gaya Hidup | koran-jakarta.com | Senin, 28 November 2022 - 14:34
share

Musisi dan penulis lagu Inggris, Dua Lipa, pada Minggu (27/11) dianugerahi kewarganegaraan Albania oleh Presiden Bajram Begaj.

"Lipa, yang berasal dari Albania, menerima kewargangearaan itu menjelang peringatan kemerdekaan Albania ke-110 dari Kerajaan Ottoman pada 28 November 1912," lapor kantor berita VoA , Senin (28/11).

Lipa dilahirkan di London pada tahun 1995 dari keluarga Albania yang berasal dari Kosovo.

Lipa, yang dipengaruhi ayahnya yang juga seorang penyanyi dan gitaris, mulai bernyanyi pada usia lima tahun. Pada usia 14 tahun ia mulai memasang lagu-lagunya di YouTube . Album studio perdananya dirilis tahun 2017, dan dua tahun kemudian ia memenangkan Grammy Award untuk kategori Artis Pendatang Baru Terbaik.

Bersama ayahnya, pada tahun 2016, Lipa ikut membentuk Sunny Hill Foundation untuk mengumpulkan uang guna melangsungkan konser tahunan di negara asalnya di Kosovo, dan untuk membantu warga yang mengalami kesulitan finansial.

Lipa menyelesaikan tur tahunannya dengan sebuah konser gratis di Skanderberg Square, Tirana, pada Senin ini guna merayakan Hari Kemerdekaan Albania. VoA/I-1

Topik Menarik