Benarkah Es Batu Bisa Menghilangkan Jerawat?

Benarkah Es Batu Bisa Menghilangkan Jerawat?

Gaya Hidup | yesdok.com | Sabtu, 26 November 2022 - 15:10
share

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang dapat mengganggu penampilan sekaligus menurunkan rasa percaya diri seseorang. Apalagi jika jerawat membandel yang susah banget dihilangkan. Bahkan berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan jerawat, salah satunya dengan menggunakan es batu. Lalu, benarkah es batu dapat menghilangkan jerawat?

Es batu memang dapat meredakan peradangan tetapi tidak bisa menghilangkan jerawat. Sejauh ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa es batu dapat menghilangkan jerawat. Begitu juga dengan kompres dingin, mungkin kompres dingin dapat meminimalkan peradangan dan membuat jerawat kurang terlihat. Namun hal tersebut tidak akan menghilangkan isi dalam jerawat.

Adapun kegunaan es batu untuk mengompres dingin wajah yang berjerawat dapat dilakukan dengan tepat sebagai berikut:

  1. Bersihkan wajah dengan mencuci muka dengan pembersih yang lembut dan air hangat.
  2. Untuk membuat kompres dingin, bungkus es batu dengan kain bersih dan diamkan beberapa saat terlebih dahulu.
  3. Lalu tempelkan es batu ke jerawat selama satu menit.
  4. Lakukan gerakan memutar pada es batu saat menempelkannya ke jerawat.

Mengompres jerawat dengan es batu dapat membantu mendorong kotoran naik ke permukaan kulit. Hal ini dapat membantu proses penyembuhan jerawat dan mencegah munculnya jerawat lain. Sebab, pada dasarnya jerawat terjadi akibat kotoran, debu, minyak dan lainnya yang menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan jerawat.

Penggunaan es batu sebagai kompres dingin ini dapat dilakukan beberapa kali saja. Hal ini guna mencegah kerusakan kulit atau memicu urtikaria dingin. jika saat menggunakan es batu pada jerawat timbul kemerahan yang meluas pada kulit, bengkak, lepihan hingga mati rasa, segera hentikan pemakaian kompres.

Jadi, jangan mengompres jerawat dengan es batu terlalu lama agar tidak memicu gangguan kulit. Apalagi memencet jerawat saat mengompres dingin karena dapat membuat kotoran menyebar dan meninggalkan jaringan parut yang sulit dihilangkan. Anda harus menggunakan obat jerawatan atau antibiotic untuk menghilangkan jerawat. Perawatan dengan produk khusus jerawat juga dapat membantu menghilangkan jerawat dan menjaga kondisi kulit agar tidak semakin parah akibat jerawat.

(foto: lifeberrys)

Topik Menarik