Kulit Kamu Berjerawat? Hindari Kosmetik yang Punya 3 Kandungan Ini

Kulit Kamu Berjerawat? Hindari Kosmetik yang Punya 3 Kandungan Ini

Berita Utama | BuddyKu | Kamis, 17 November 2022 - 18:40
share

Munculnya jerawat pada bagian kulit wajah memang menjadi masalah yang tak bisa dihindari. Berbagai macam cara untuk melakukan perawatan pun dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Meski kulit berjerawat, tetap bisa mendapatkan perawatan atau merias wajah. Jika memiliki kulit wajah berjerawat, perlu untuk mengetahui bahan atau formula apa saja yang terkandung dalam kosmetik tersebut.

Dilansir dari Times of India, berikut adalah kandungan atau formula dari kosmetik atau make up yang seharusnya dihindari jika memiliki kulit berjerawat;

1. Silikon

Pelembap
Ilustrasi pelembap. (Freepik)

Kandungan silikon banyak terkandung dalam formulasi kosmetik perawatan kulit, perawatan rambut, khususnya pada krim di wajah. Krim yang mengandung silikon memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Kendati demikian, apabila lapisan tipis dari krim tersebut dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa
Ilustrasi minyak kelapa. (Freepik)

Tidak semua minyak memiliki manfaat untuk kulit wajah. Beberapa minyak, seperti minyak wijen, bisa menjadi keuntungan bagi kulit berjerawat, tetapi tidak untuk minyak Kelapa. Sementara jika makeup memiliki kandungan minyak kelapa dan berjerawat, maka sebaiknya dihindari.

Minyak kelapa memiliki molekul yang berat, yakni memiliki peringkat komedogenik 4 dari 5 (5 menjadi penyumbatan pori paling banyak) sehingga sangat mungkin menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Oleh karena itu, mengoleskan minyak kelapa dapat berarti membentuk lapisan minyak yang sensitif terhadap permukaan kulit.

3. Natrium Lauryl Sulfat

Cuci muka
Ilustrasi cuci muka. (Freepik)

Natrium Lauryl Sulfat adalah salah satu kandungan yang paling banyak ditemukan pada produk cuci muka, sampo, dan bahkan deterjen hingga cairan pencuci piring.

Dikarenakan ampun membersihkan kotoran, minyak, sehingga bisa mengambil minyak dari kulit yang biasa mengatur fungsi kulit. Jika kulit wajah kekurangan minyak berarti tidak terdapat penghalang kulit. Produksi sebum dengan tidak ada penghalang kulit dapat mengganggu dan menyebabkan peradangan serta jerawat.

Topik Menarik